Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Calon Jurnalis Online Harus Go Blogging

Apa hubungan jurnalistik dengan blog? Dari segi kata memang tidak begitu berhubungan. Namun dalam praktiknya, dunia jurnalistik dan blog tidak jauh dari kegiatan tulis menulis dan menyebarkan informasi.

Sebagai calon jurnalis terutama yang berhasrat terjun di media online, sepertinya memiliki blog adalah keharusan. Mengapa demikian? Karena kini blog bukan hanya sekadar diari online, tapi blog bisa dijadikan sebagai media praktik kegiatan jurnalistik, khususnya dalam hal mengelola dan menyebarluaskan informasi.

Calon Jurnalis Online Harus Go Blogging

Tidak hanya itu, khusus bagi pengguna blog dengan platform blogger atau blogspot, pengguna diberi kebebasan untuk mengelola blog miliknya, baik konten maupun tampilan. Blogger membebaskan pengguna untuk mengedit kode HTML pada template agar pengguna mendapatkan tampilan blog sesuai keinginan sendiri. Dengan demikian, kita bisa jadikan blog sebagai sarana simulasi mengelola media online.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari aktivitas blogging. Bahkan berdasarkan penelitian Ryan Thornburg dan Ying Roselyn Du terhadap 49 jurnalis online, aktivitas blogging masuk ke dalam Top 9 Skill Online Journalist.

Adapun alasan mengapa calon jurnalis online harus punya blog adalah sebagai berikut :

1. Mengasah writing skill.
2. Simulasi mengelola media online.
3. Sarana diskusi dengan blogger dari seluruh dunia.
4. Membangun jaringan dan pertemanan.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari mengelola blog. Namun, dengan mengetahui keempat manfaat di atas rasanya sudah cukup menarik minat kita untuk mulai membuat dan mengelola blog. Oleh karena itu... Go Blogging!

— For —

Tugas Jurnalistik Online

1211405019
Jurnalistik A / Semester 6

6 komentar untuk "Calon Jurnalis Online Harus Go Blogging"

  1. good......., gunakan align left dan belajar pake hyperlink.....

    BalasHapus
  2. Perlihatkan iklan ini untuk claim bonus 5 juta bonus cashback Sabung Ayam anda setiap harinya... info lebih lanjut hub kami di WA : +62812-2222-995, BBM : BOLAVITA / D8C363CA...

    BalasHapus
  3. Mari bergabung bersama kami agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus 10% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami.
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus
  4. Bolavita menyediakan berbagai jenis slot yang bisa kamu mainkan dengan minimal deposit 50rb. Serta terdapat pula transaksi via gopay dan ovo pay yang semakin memudahkan anda dalam melakukan deposit tanpa takut bank offline... Yuk segera bergabung bersama kami...

    BalasHapus
  5. Mari bergabung bersama kami, agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus potongan togel online hingga 66% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami...
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus