3/06/2014

ROL: Media Online Berbau Islam

ROL: Media Online Berbau Islam
Di era teknologi seperti saat ini, derasnya arus informasi sulit untuk dibendung. Kini saluran informasi tidak hanya berasal dari media massa (cetak atau elektronik), melainkan pula berasal dari media online.

Hampir setiap media massa memiliki versi online, baik itu dalam bentuk portal berita maupun e-paper. Salah satunya yakni situs Republika Online (ROL) milik Harian Republika.

Berikut ini sekilas profil dari Republika Online:
  • Nama situs : Republika Online (ROL)
  • Berdiri sejak : 17 Agustus 1995
  • Rubrikasi : Nasional, Internasional, Khazanah, Gaya Hidup, Sepakbola, Otomotif, Trendtek, Humaira, Senggang, Ekonomi, Olahraga, Konsultasi, Kolom, Pendidikan, Properti, ROL To School, ROL To Campus.
Republika Online hadir sejak 17 Agustus 1995, atau dua tahun setelah Harian Republika terbit. Seperti media online lainnya, Republika Online menyajikan informasi dalam bentuk teks, audio, dan video, atau gabungan antara ketiganya.

Ciri yang membedakan antara ROL dengan media online lain adalah bahwa ROL memiliki konten berbau Islam. Hal ini tidak lepas dari kelahiran Republika yang dibidani cendekiawan muslim yang tergabung dalam ICMI. Oleh sebab itulah Republika sering disebut sebagai media Islam.

Adapun konten ROL yang memiliki muatan Islam antara lain : Rubrik Khazanah, Jurnal Haji, dan Konsultasi Klinik Syariah Serta Ustadz Siaga.

Dalam mendekatkan diri dengan para pembaca, ROL hadir pula di beberapa sosial media populer seperti twitter dan facebook, sehingga informasi ROL mudah diakses para pembacanya. Selain itu, ROL mengajak para pembacanya untuk berpartisipasi menginformasikan hal apapun yang akan dipublikasikan di forum bersama (Publika, Forum, dan Komunitas) dengan menggunakan ID.

:: Tampilan
Dari segi tampilan, Republika Online tampak sederhana, sehingga tidak membingungkan pembacanya atau user friendly. Adapun tampilan ROL dipandang dari beberapa elemen adalah sebagai berikut :

Tampilan Republika Online



















:: Kejelasan
ROL memiliki background putih yang berperan untuk memberikan tampilan yang ringan sehingga tidak melelahkan mata.

:: Ketetapan
Setiap halaman ROL menggunakan tampilan yang hampir sama, yakni memiliki tiga kolom, background berwarna putih dengan tambahan warna merah dan hitam.
Perataan Kiri dan Penggunaan Whitespace ROL
:: Perataan
Tulisan-tulisan dalam ROL menggunakan perataan kiri, sehingga menyisakan ruang baca. Fungsinya agar tulisan terkesan santai, dan mata pembaca pun tidak dibuat lelah.

:: Optimasi Whitespace
Sesuai aturan Jurnalistik Online, untuk memisahkan tiap paragraf dalam tulisannya, ROL menggunakan whitespace dari pada paragraf menjorok ke dalam.

Selain beberapa elemen di atas, ROL pun memiliki fitur untuk mempermudah pengunjung mencari informasi yang diinginkan seperti berita terkait, slide, dan kotak pencarian. Selain itu, ROL juga menyediakan kotak komentar yang bisa menjadi wadah feedbackpembaca.


:: Referensi: www.republika.co.id

:: Keterangan:
   - Tugas Mata Kuliah Jurnalistik Online
   - Penulis: Asep Abdul Rozak (Jurnalistik A / Semester 6)

2 comments:

  1. mantap reviewnya, mang. mantap juga blognya, :)

    ReplyDelete
  2. Hehe . . . Terima kasih telah sedia berkunjung :D

    ReplyDelete