5/12/2014

Definisi Berita

Definisi Berita, jurnalistik, jurnal rozak, pengertian berita
Setiap hari kita pasti mendengar atau membaca sebuah berita, baik itu berasal dari media cetak, radio, maupun dari televisi, sehingga begitu seringnya kita mendengar dan mengucapkan kata berita. Kita pun seakan sudah mengerti apa yang dimaksud dengan berita.

Tapi saya sendiri awalnya pasti agak bingung apabila ada orang yang bertanya apa definisi dari berita? Ternyata cukup sulit untuk mendefinisikan berita secara universal.

Menurut Earl English dan Clarence Hach (dalam Romli, 2009:3), “News is difficult to define, because it involves many variabel factors”. Kira-kira artinya begini, “Berita sulit didefinisikan, karena berita mencakup banyak faktor variabel”.

Sedangkan, Irving Rosenthal dan Marton Yarmen berpendapat, “Berita lebih mudah dikenali daripada diberi batasannya”.

Meskipun demikian, banyak ahli komunikasi yang mencoba memberi batasan pengertian dari kata berita. Salah satunya yakni Mitchel V. Charnley yang menyatakan bahwa:

“Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atas kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka”.

Menurut saya, pengertian di atas dapat dijadikan acuan karena cukup mewakili nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah berita, yakni aktual, faktual, penting, dan menarik.


Dengan memahami pengertian berita, setidaknya kita dapat mengerti mana informasi yang layak menjadi berita dan mana yang hanya sekadar informasi biasa dan tidak layak menjadi berita.

0 komentar:

Post a Comment