Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Berita

Definisi Berita, jurnalistik, jurnal rozak, pengertian berita
Setiap hari kita pasti mendengar atau membaca sebuah berita, baik itu berasal dari media cetak, radio, maupun dari televisi, sehingga begitu seringnya kita mendengar dan mengucapkan kata berita. Kita pun seakan sudah mengerti apa yang dimaksud dengan berita.

Tapi saya sendiri awalnya pasti agak bingung apabila ada orang yang bertanya apa definisi dari berita? Ternyata cukup sulit untuk mendefinisikan berita secara universal.

Menurut Earl English dan Clarence Hach (dalam Romli, 2009:3), “News is difficult to define, because it involves many variabel factors”. Kira-kira artinya begini, “Berita sulit didefinisikan, karena berita mencakup banyak faktor variabel”.

Sedangkan, Irving Rosenthal dan Marton Yarmen berpendapat, “Berita lebih mudah dikenali daripada diberi batasannya”.

Meskipun demikian, banyak ahli komunikasi yang mencoba memberi batasan pengertian dari kata berita. Salah satunya yakni Mitchel V. Charnley yang menyatakan bahwa:

“Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atas kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka”.

Menurut saya, pengertian di atas dapat dijadikan acuan karena cukup mewakili nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah berita, yakni aktual, faktual, penting, dan menarik.


Dengan memahami pengertian berita, setidaknya kita dapat mengerti mana informasi yang layak menjadi berita dan mana yang hanya sekadar informasi biasa dan tidak layak menjadi berita.

4 komentar untuk "Definisi Berita"

  1. Perlihatkan iklan ini untuk claim bonus 5 juta bonus cashback Sabung Ayam anda setiap harinya... info lebih lanjut hub kami di WA : +62812-2222-995, BBM : BOLAVITA / D8C363CA...

    BalasHapus
  2. Bolavita menyediakan berbagai jenis slot yang bisa kamu mainkan dengan minimal deposit 50rb. Serta terdapat pula transaksi via gopay dan ovo pay yang semakin memudahkan anda dalam melakukan deposit tanpa takut bank offline... Yuk segera bergabung bersama kami...

    BalasHapus
  3. Mari bergabung bersama kami, agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus potongan togel online hingga 66% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami...
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus
  4. Bonus welcome back dari bolavita sebesar 200rb freebets untuk anda yang kembali bermain bersama agen bolavita.. Segera kunjungi website kami! atau hubungi kami di WA : +62812-2222-995 terima kasih

    BalasHapus