5/31/2014

Tata Letak dan Perwajahan Surat Kabar

Tata letak  dapat diartikan sebagai proses mengatur letak kolom, gambar, berita dan objek lainnya yang terdapat dalam surat kabar. Tujuan dari pengaturan tata letak ini adalah :

1. Membuat tampilan surat kabar menjadi rapih dan teratur.
2. Mempermudah pembaca untuk menemukan informasi yang mereka cari.
3. menimbulkan daya tarik bagi pembaca.

Adapun beberapa perwajahan yang biasa digunakan dalam surat kabar adalah :

~ Balance Make Up

Balance Make Up

Balance Make Up adalah gaya penataan halaman surat kabar atau majalah secara seimbang. Baik dalam satu halaman maupun dua halaman, serta posisi horizontal dan vertikal berimbang.

~ Focus Make Up

Focus Make Up

Focus Make Up adalah gaya penataan halaman surat kabar atau majalah, yang dalam penataannya, berita utama disimpan dalam posisi centerdengan judul dicetak menonjol, sehingga pandangan pembaca langsung fokus pada berita utama tersebut. Lazimnya, perwajahan ini digunakan pada halaman dalam.

~ Contrast Make Up

Contrast Make Up

Contrast Make Up adalah gaya penataan surat kabar, yang dalam penataannya, berita utama ditempatkan di antara berita biasa. Penulisan judulnya dicetak tebal, sehingga terlihat contrast dibanding berita yang ada di sekelilingnya.

~ Circus Make Up

Circus Make Up

Circus Make Up adalah gaya penataan surat kabar atau majalah, yang perwajahannya ditata secara acak, banyak menampilkan gambar atau foto dan judul-judul berita di halaman depan. Penataan ini populer digunakan oleh penerbitan yang target pembacanya kalangan menengah ke bawah. Pembaca biasanya merasa cukup hanya dengan melihat foto atau judul-judul berita.

*Terinspirasi dari materi kuliah Reka Bentuk Surat Kabar yang disampaikan Bapak Dono Darsono.

0 komentar:

Post a Comment