6/01/2014

Jenis-Jenis Artikel

Sebelumnya mengetahui jenis-jenis artikel, baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih artikel itu? Artikel merupakan tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan atau kontroversial dengan tujuan untuk memberitahu, memenaruhi dan meyakinkan, serta menghibur khalayak pembaca.

Kenapa disebut tulisan lepas? Karena siapa pun boleh menulis artikel dengan topik bebas sesuai dengan minat dan keahlian masing-masing. Selain itu, artikel tidak harus berkaitan dengan berita atau laporan tertentu. Dengan kata lain, artikel dapat ditulis kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja.

Jenis-Jenis Artikel

Secara umum artikel dapat dibedakan menurut jenis dan tingkat kesulitan yang dihadapinya, antara lain: Artikel praktis, artikel ringan, artikel halaman opini, dan artikel analisis ahli.

Artikel Praktis

Artikel praktis lebih bersifat petunjuk praktis tentang cara melakukan sesuatu (how to do it), misalnya cara instal komputer, cara merawat ikan arwana, dsb. Artikel praktis lebih menekankan pada aspek ketelitian dan keterampilan daripada aspek pengamatan dan pengembangan pengetahuan. Artikel praktis biasanya ditulis menggunakan pola kronologis, pesan disusun berdasarkan urutan waktu atau tahapan pekerjaan.

Artikel Ringan

Artikel ringan lazim ditemukan pada rubrik anak-anak, remaja, wanita, dan keluarga. Artikel jenis ini banyak mengangkat bahasan yang ringan dengan penyajian yang ringan pula. Topik seperti kiat sukses belajar di perguruan tinggi, tujuh ciri wanita setia, dsb, termasuk ke dalam artikel ringan. Artikel ringan dikemas dengan gaya paduan informasi dan hiburan (infotainment).

Artikel Halaman Opini

Semua artikel merupakan opini (views), sifatnya subjektif. Penamaan artikel halaman opini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam mengenali jenis artikel yang terdapat dalam media cetak. Selain itu untuk mengenali karakter isi, pendekatan, dan topik yang dikupasnya. Artikel yang membahas cara cepat mengatasi jerawat, tidak akan kita temukan di halaman opini.

Artikel opini lazim ditemukan pada halaman khusus opini, bersama opini yang lain yakni tajuk rencana, kolom, pojok, karikatur, dan surat pembaca. Artikel opini mengupas suatu masalah secara serius dan tuntas melalui pendekatan analitis akademis. Sifatnya relatif berat, karenanya artikel opini kerap ditulis oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan, pengetahuan, keahlian, atau pengalaman memadai di bidangnya masing-masing.

Artikel Analisis Ahli

Artikel analisis ahli biasa kita temukan pada halaman muka, halaman-halaman berita, atau halaman khusus. Sesuai dengan namanya, artikel ini ditulis oleh ahli atau pakar di bidangnya dalam bahasa yang populer dan komunikatif. Artikel analisis ahli mengupas secara tajam dan mendalam suatu persoalan. Topik yang diangkat bisa bermacam-macam, seperti ekkonomi, politik, pendidikan, sosial, agama, budaya, indsutri, dan iptek.

Sedangkan dalam buku Jurnalistik Praktis karya Romli (2009), disebutkan bahwa ada empat jenis artikel (berdasarkan isinya) yang meliputi:

  • Artikel Deskriptif. Tulisan yang isinya menggambarkan secara detail atau pun garis besar tentang suatu masalah, sehingga pembaca mengetahui secara utuh masalah yang dikemukakan.
  • Artikel Eksplanatif. Isinya menerangkan sejelas-jelasnya tentang suatu masalah, sehingga pembaca memahami betul masalah yang dikemukakan.
  • Artikel Prediktif. Berisi ramalan atau dugaan apa yang kemungkinan terjadi pada masa mendatang, berkaitan dengan masalah yang dikemukakan.
  • Artikel Preskriptif. Isinya mengandung ajakan, imbauan, atau perintah bagi pembaca agar melakukan sesuatu. Kata-kata 'harus', 'seharusnya', 'hendaknya', 'seyogianya', dsb mendominasi tulisan jenis ini.

Berikut ini beberapa contoh judul artikel:

"Strategi Pembangunan Masyarakat Madani" (deskriptif)
"Mengapa Terjadi Kerusuhan?" (eksplanatif)
"Tantangan Bangsa Indonesia pada Abad 21" (prediktif)
"Mewaspadai AIDS: Hindari Seks Bebas" (preskriptif)

Bagaimana dengan artikel di blog? Menurut saya sama saja, jenis-jenis artikel yang telah dijelaskan tadi juga berlaku bagi artikel yang ditulis via blog. Semoga postingan ini bermanfaat.

— Rujukan —

- Sumadiria, AS Haris. 2011. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
- Romli, Asep Syamsul M. 2009. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    0 komentar:

    Post a Comment