7/10/2014

Kekalahan Terbesar Brazil Sepanjang Sejarah

Kekalahan Brazil dengan skor 7-1 dari Jerman merupakan kekalahan terbesar sepanjang sejarah kesebelasan berjuluk  Seleção tersebut mentas di Piala Dunia.

Terakhir kali Brazil menderita kekalahan telak adalah pada 18 September 1920 (94 tahun yang lalu), kala itu mereka kalah dengan skor 6-0 dari Uruguay dalam ajang Copa Amerika yang dihelat di Viña del Mar, Chili.

Kekalahan Terbesar Brazil Sepanjang Sejarah, brazil vs jerman, brazil defeat, world cup 2014
Jerman menang telak atas brazil di PD 2014 - Dok. mirror.co.uk

Jika dikalkulasikan, kekalahan di Piala Dunia 2014 pun sama-sama 6-0 (7-1=6). Selain kompetisi, fakta yang membedakan antara tragedi 1920 dan 2014 adalah kali ini kenyataan menyakitkan tersebut diterima di hadapan publik sendiri. Konyolnya, gawang Brazil harus kebobolan lima gol dalam waktu 30 menit di babak pertama. Satu gol hiburan Brazil serta dua gol Jerman lainnya dicetak di babak kedua.

Brazil gagal mengulah sejarah berhasil menaklukkan Jerman pada laga final Piala Dunia 2002. Tentu kenyataan ini akan sulit diterima oleh publik Brazil.

Dalam pertandingan yang digelar pada 9 Juli 2014, di Belo Horizonte tersebut, Brazil memang tidak tampil secara Winning Team. Selain tidak diperkuat o capitão Thiago Silva karena sanksi, Brazil pun tidak diperkuat pemain lincah Neymar Junior karena cedera.

Sudah tentu ini adalah momen langka. Saya rasa kekalahan besar ini sulit terulang dalam waktu 100 tahun ke depan.

0 komentar:

Posting Komentar