8/31/2014

Pengertian Komunikasi Massa

Weapons of Mass Communication - Dok. cookman.libguides.com
Komunikasi massa secara sederhana dapat diartikan sebagai komunikasi yang ditujukan kepada khalayak luas melalui media massa. Media massa sendiri merupakan sarana komunikasi massa. Berikut ini beberapa pengertian komunikasi massa menurut para ahli:

Bittner
Komunikasi Massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media masa pada sejumlah besar orang (mass commuicatiaon is message communicated through a mass medium to a large number of people).

Dari definisi Bittner, dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi massa harus menggunakan media massa. Meskipun komunikasi itu disampaikan kepada khalayak, namun disampaikan secara langsung di lapangan terbuka, maka itu tidak termasuk komunikasi massa. Media komunikasi massa antara lain surat kabar, majalah, radio, televisi, termasuk film.

Gerbner
Komunikasi Massa adalah produksi dan distribusi yang melandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri (mass communication is the tehnologically and institutionally based production and distribution of the most broadly shared continuous flow of message industrial societies).

Dari definsi Gerbner, tergambar bahwa komunikasi massa menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi. Produk tersebut di sebarkan pada khalayak luas secara terus menerus dalam jarak waktu yang tetap, misalnya harian, mingguan, atau bulanan.

Proses produksi pesan tidak dapat dilakukan oleh perorangan, melainkan harus oleh lembaga, dan membutuhkan suatu teknologi tertentu, sehingga komunikasi massa akan banyak dilakukan oleh masyarakat industri.

Meletzke
Komunikasi Massa diartika sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.

Istilah tersebar menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan tidak berada disatu tempat tetapi tersebar di berbagai tempat.
              
Severin dan Tankard Jr.
Komunikasi Massa adalah sebagian keterampilan, sebagian seni dan sebagian ilmu. Ia adalah keterampilan dalam pengertian bahwa ia meliputi teknik-teknik fundamental tertentu yang dapat dipelajari seperti memfokuskan kamera televisi, mengoperasikan tape recorder atau mencatat ketika berwawancara.

Ia adalah seni dalam pengertian bahwa ia meliputi tantangan-tantangan kreatif seperti menulis skrip untuk program televisi, mengembangkan tata letak yang estetis untuk iklan majalah atau menampilkan teras berita yang mengikat bagi sebuah kisah berita.

Ia adalah ilmu dalam pengertian bahwa ia mengikuti prinsip-prinsip tertentu tentang bagaimana berlangsungnya komunikasi  yang dapat dikembangkan dan dipergunakan untuk membuat berbagai hal menjadi lebih baik.

Rakhmat
Komunikasi Massa diartikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukkan kepada sejumlah khalayak yang tersebar,heterogen, dan anoinim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat dterima secara serentak dan sesaat.

Rujukan: Ardianto, Elvinaro., Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

0 komentar:

Post a Comment