10/13/2014

Catatan atas Kemunculan Jurnalisme Lher

Catatan atas Kemunculan Jurnalisme Lher
Kemunculan jurnalisme lher dala sejarah media massa di Indonesia adalah sebuah keniscayaan yang tak mungkin dihilangkan. Kehadirannya telah ikut mempengaruhi perkembangan dunia jurnalisme di Indonesia.

Regulasi yang membatasi munculnya jurnalisme lher sering dipahami sebagai bentuk kekangan terhadap kebebasan pers. Begitu pula mereka yang protes atas regulasi seperti itu seakan tidak mau tah terhadap dampak yang ditimbulkan di masyarakat.



Berkaitan dengan kemunculan jurnalisme lher, setidaknya ada beberapa catatan sebagai berikut:

  • Jurnalisme lher muncul sebagai representasi jurnalisme masyarakat kelas bawah. Bukan berarti kalangan kelas atas tidak suka jurnalisme jenis itu, hanya pengemasannya tidak terlalu vulgar.
  • Jurnalisme lher bisa jadi merupakan simbol perlawanan terhadap pemerintah yang otoriter pada zamannya. Ketika media dilarang mengupas persoalan berbau politik, maka jurnalisme lher seakan menjadi pelampiasan.
  • Jurnalisme lher secara nyata menjadi pilihan media massa yang lebih mengutamakan bisnis dibandingkan idealisme.
  • Jurnalisme lher bisa jadi muncul akibat euforia kebebasan pers. Setelah lepas dari kekangan pemerintah pada tahun 1998, banyak bermunculan media massa sebagai akibat kebebasan pers (atau layak disebut kebablasan pers).
  • Jurnalisme lher dikhawatirkan merusak generasi muda di masa depan. Jika saat muda sudah dijejali dengan produk jurnalisme lher, tidak ada jaminan di masa yang akan datang mereka tidak terpengaruhi dampak jurnalisme lher.
  • Media cetak yang menampilkan jurnalisme lher di Indonesia dijual sangat bebas (pada awal kebebasan pers).
Kini media yang menerapkan jurnalisme lher mulai menghilang, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa mereka masih ada namun tidak peredarannya tidak sebebas dulu.

0 komentar:

Post a Comment