10/02/2014

Pengertian Media Online

Secara garis besar media massa dibagi menjadi tiga, yakni media cetak, media elektronik auditif, dan media elektronik audio-visual. Seiring berkembangnya teknologi, dunia media massa pun mendapat imbasnya. Media massa tak lagi hanya sekadar media cetak dan media elektronik, namun hadir media online yang seolah-olah menjadi gabungan dari jenis media massa yang telah ada sebelumnya.

Media online merupakan produk jurnalistik online yang didefinisikan sebagai pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet. Media online dapat dikatakan sebagai media generasi ketiga setelah media cetak, dan media elektronik.

Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) yang dikeluarkan oleh Dewan Pers mengartikan media siber sebagai “segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.”

Download: Panduan Pemberitaan Media Siber

Dalam perspektif studi komunikasi massa, media online menjadi objek kajian teori “media baru” atau new media, yaitu istilah yang mengacu pada permintaan akses untuk mendapatkan konten (informasi) kapan saja, di mana saja pada setiap perangkat digital serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif, dan pembentukkan komunitas sekitar konten media, juga aspek generasi “real-time”.

New media merujuk pada perkembangan teknologi digital, namun tidak serta merta berarti media digital. Video, teks, gambar, grafik yang diubah menjadi data-data digital berbentuk byte, hanya merujuk pada sisi teknologi multimedia, salah satu dari tiga unsur new media, selain ciri interaktif dan intertekstual.

Rujukan

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online, Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

4 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai media yang berisikan informasi, menurut saya media informasi merupakan
    hal yang menarik dan banyak hal yang bisa dipelajari di dalamnya.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai beberapa media informasi
    yang bisa anda kunjungi di Media

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih telah berkunjung... Saya sependapat dengan anda mengenai perlunya mempelajari media informasi... InsyaAllah saya akan berkunjung ke situsnya.

      Delete
  2. trimakasih tulisan agan ini jadi sedikit referensi ane buat skripsi tentang sistem informasi media online...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau begitu, sukses buat skripsinya ya

      Delete