10/31/2014

Perwajahan, Antara Makeup dan Make Up

Bagi siapa saja yang pernah mempelajari reka bentuk surat kabar, tentu mengenal istilah perwajahan surat kabar. Pewajahan adalah salah satu bagian dari reka bentuk surat kabar.

Perwajahan dimaknai sebagai proses menghias dan mempercantik halaman media cetak agar tampak menarik dan berdaya pikat (Darsono dan Muhaemin, 2013:6).

Pengertian di atas jelas mengacu pada kata makeup yang berarti rias. Namun, ada pula yang menggunakan kata make up sebagai padanan kata perwajahan. Apakah kata makeup dan make up memiliki perbedaan?

Tentu saja, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, makeup berarti rias sedangkan make up artinya menyusun. Namun, jika diaplikasikan ke dalam reka bentuk surat kabar, keduanya memang masih berkaitan.

Make up yang secara bahasa berarti menyusun, bisa diartikan sebagai proses menyusun elemen-elemen yang ada dalam surat kabar. Pengertian ini sebenarnya lebih mengarah pada proses tata letak atau layout (salah satu bagian dari reka bentuk surat kabar).

Entah kata mana yang paling tepat dijadikan padanan kata perwajahan. Menurut saya, makeup lebih tepat menjadi kata lain dari perwajahan. Karena dari arti kata makeup yakni rias, sangat identik dengan pengertian perwajahan di atas.

Ini hanya pendapat saya. Bagaimana pendapatmu?

2 comments:

  1. wholesale cosmetics my partner and i really delight in Any type of topics post here. Thanks with regard to sharing people the points This is helpful. Good day!

    ReplyDelete