1/15/2015

Tiga Jenis Komentar dalam Blog

Komentar. Sebuah kata yang tak asing bagi kamu para blogger. Kehadirannya lumayan dinanti, karena adanya merupakan indikasi bahwa sebuah postingan memiliki daya tarik bagi para netizen. Tapi sadarkah kamu bahwa banyak hal yang melatarbelakangi seseorang untuk berkomentar dalam sebuah web atau blog?

Beruntung jika sesuatu yang melatarbelakangi komentar tersebut adalah apresiasi, diskusi, atau pun mengkritisi. Nah, bagaimana kalau komentar yang muncul di blog kita dibuat atas dasar nyari sensasi, promosi, atau cuma basa-basi? Beberapa contohnya:

Nice post gan!


Bagus artikelnya...


Ditunggu kunbalnya gan di AWW.BAHE0-NER.COM


Jual obat kuat,,
Pelangsing super,,,
Minyak firdaus,,,,

Dan lain sebagainya...

Berangkat dari contoh kasus di atas, saya akan membagi komentar blog ke dalam tiga jenis. Kenapa tiga? Karena Tuhan suka yang ganjil :D

1. Komentar Asli


Komentar asli di sini maksudnya adalah komentar yang benar-benar datang dari kerelaan hati sang pengunjung, sehingga komentar pun berbobot atau setidaknya relevan dengan isi postingan.

Jenis komentar asli dapat berupa apresiasi, masukan atau tambahan, bahkan kritikan (bukan serangan atau cacian) terhadap isi postingan. Komentar seperti ini sangat diharapkan oleh para pemilik blog, karena dapat memicu para blogger untuk membuat karya yang lebih baik.

2. Komentar Basa-Basi


Komentar jenis basa-basi tidak bisa dibilang SPAM, tapi juga tidak dapat dikategorikan komentar baik. Sesuai dengan namanya, komentar jenis ini biasanya hanya sekadar basa-basi seperti "nice info gan", "postingannya sangat bermanfaat", dan sebagainya dengan tidak ada komentar lanjutan.

Bahkan tak jarang ada yang menambahkan dengan kalimat "ditunggu kunbalnya ya gan!", dari kalimat itu sudah terlihat jelas bahwa si commenters hanya basa-basi-busuk. Jika pun panjang, komentar malah tidak relevan dengan isi postingan.

Sering kali komentar basa-basi menjurus pada jenis komentar promosi karena mencantumkan link yang diperkirakan akan memberi keuntungan kepada pemilik link tersebut. Komentar jenis ini sebenarnya masih bisa ditolerir, tapi plis atuh euy jangan dibiasain.

Tiga Jenis Komentar dalam Blog

3. Komentar Promosi


Komentar promosi adalah komentar yang berbau promosi terkait sebuah produk, jasa, atau pun sebuah situs baru.

Contoh komentar promosi diantaranya iklan obat kuat, cara mendapat pulsa gratis, atau iklan produk-produk dewasa. Jenis komentar ini bahkan pantas dikategorikan sebagai komentar SPAM, karena selain tidak relevan dengan postingan juga tidak enak dilihat. Plis atuh euy ulah dagang nu kitu di blog urang!

Dari ketiga jenis komentar di atas, kamu masuk ke dalam jenis komentator yang mana? Jelasnya, komentar seseorang akan mencerminkan kredibilitas orang (komentator) tersebut. Wassalam :)

7 comments:

  1. wah yang begini nih biasanya kalo blogwalking :v banyak yang suka basa basi :D

    ReplyDelete
  2. hahahahaha kalo saya biasanya basa-basi kak, tapi g pernah masukkin link, males soalnya nulis link itu... hehhehehe :)

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat gan .... thanx ya !!
    by : afs17-knowledge

    ReplyDelete
  4. makasih informasi yang sudah disampaikannya

    ReplyDelete