4/25/2015

Google Prioritaskan Situs Mobile Friendly

Kemarin saya buka twitter. Scroll.. Scroll.. mentok.. saya melihat tweet dari Viva. Katanya sekarang Google memprioritaskan situs yang mobile-friendly atau situs yang tampilannya ramah terhadap handphone/smartphone. Nantinya situs yang mobile-friendly akan lebih diutamakan dalam hasil pencarian mesin pencari Google (SERP).

Kebijakan ini tak lepas dari perubahan algoritma Google. Entah sudah berapa kali si Mbah ganti sesajen. Mulai dari Google Panda, Penguin, Hammingbird, dan yang sekarang Mobilegeddon. Dari namanya agak serem sih, mirip armageddon (perang atau huru hara besar di akhir zaman). Mungkin kebijakan si Mbah menyesuaikan dengan gaya hidup pengguna internet saat ini yang kebanyakan mengakses internet melalui ponsel.

Berikut penggalan pernyataan resmi Google di Webmaster Central Blog:

Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results. Consequently, users will find it easier to get relevant, high quality search results that are optimized for their devices.

Mulai 21 April kami akan memperluas penggunaan mobile-friendly sebagai sinyal peringkat. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil pencarian kami. Akibatnya, pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan, berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk perangkat mereka.


Google Prioritaskan Situs Mobile Friendly
Dok. googlewebmastercentral.blogspot.com
Dengan kebijakan terbaru ini, Google akan memberikan ranking yang lebih tinggi untuk sebuah situs yang mempunyai tampilan mobile dibandingkan dengan situs yang belum mobile-friendly. Jadi, untuk situs yang hingga saat ini tak dilengkapi dengan tampilan yang ramah untuk para pengguna perangkat mobile, kemungkinan besar bakal memperoleh penurunan traffic yang cukup drastis.

Untuk memastikan jika sebuah situs sudah mobile-friendly atau tidak, lakukan pengecekan menggunakan tool Mobile-Friendly Test dari Google. Silakan periksa apakah situs milikmu mobile-friendly atau tidak lewat sini. Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat. Wassalam.

8 comments:

  1. Thanks informasi pentingnya gan...

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu berita ini. Ke depannya harus memprioritaskan pengembangan web yang mobile friendly. Biasanya ngetes web kan di desktop dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih saya juga baru tau kemarin. Kebijakan Googlenya ganti mulu.

      Delete
  3. Punyaku ngga mobile friendly :( harus ngatur dari blognya langsung yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhmm.. Iya, masalah di templatenya sih :P

      Delete
  4. Desain responsive semakin menjadi kewajiban nih..

    ReplyDelete