5/27/2015

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Bandung

UPDATE - Karena diluar perkiraan banyak juga yang mampir ke postingan jadul ini untuk bertanya mengenai PMB UIN Bandung (terutama Jalur Mandiri) tahun 2016/2017, saya khawatir terjadi salah komunikasi sebab informasi dalam postingan ini adalah untuk tahun lalu. Maka dari itu, tim redaksi Jurnal Rozak terjun langsung  ke lapangan untuk melihat brosur-nya yang ditempel di Gedung Al-Jami'ah UIN SGD Bandung. Berikut beberapa foto brosur yang diharapkan dapat bermanfaat.

PMB UIN SGD Bandung Jalur Mandiri 2016

PMB UIN SGD Bandung Jalur Mandiri 2016

PMB UIN SGD Bandung Jalur Mandiri 2016

PMB UIN SGD Bandung Jalur Mandiri 2016

PMB UIN SGD Bandung Jalur Mandiri 2016

PMB UIN SGD Bandung Jalur Mandiri 2016

***

Tidak terasa sekarang saya sudah semester akhir (delapan). Semua mata kuliah sudah dilahap, skripsi sedang berjalan tinggal menunggu sidang. Kurang lebih empat tahun lalu (2011) saya masuk ke universitas ini, mengecap status sebagai mahasiswa. Setiap tahunnya mahasiswa keluar masuk ke universitas ini, ada yang wisuda ada juga yang daftar, ada anak pindahan ada juga yang keluar sebelum lulus.

Mahasiswa yang masuk ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung berasal dari berbagai daerah dan negara melalui berbagai jalur tes. Kebetulan saya masuk ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui PMB Jalur Mandiri. Apa itu PMB Jalur Mandiri?

PMB Jalur Mandiri UIN SGD Bandung merupakan pola seleksi yang dilaksanakan UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara mandiri melalui ujian tulis. PMB Jalur Mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan dengan surat keputusan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Bandung

Jadi, intinya kali ini saya akan berbagi informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun akademik 2015-2016. Simak uraian berikut:

Persyaratan PMB Jalur Mandiri:


1. Berijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah
2. Mengisi dan menyerahkan formulir yang dilampiri (masing-masing rangkap dua):
  • Fotocopy Ijazah yang dilegalisir oleh yang berwenang dan menunjukan aslinya.
  • Pas photo ukuran 3x4 hitam putih sebanyak 2 lembar.
3. Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotocopy Raport tiga tahun terakhir.
4. Lulusan tahun 2015 sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan Lulusan dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap Sekolah/Madrasah.
5. Membayar uang pendaftaran Rp. 250. 000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
6. Seluruh persyaratan termasuk biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
7. Bagi Calon Mahasiswa yang telah hafal Al-Quran minimal 5 juz, ujian tetap mengikuti PMB Jalur Mandiri UIN SGD Bandung dengan tambahan test Tahfidz yang dilakukan tersendiri.

Jadwal Pendaftaran


1. Pendaftaran tanggal 03-24 Juni 2015.
2. Pelaksanaan Ujian Tulis tanggal 7 Juli 2015.
3. Wawancara tanggal 08 Juli 2015.
4. Pengumuman Kelulusan tanggal 29 Juli 2015.
5. Pengambilan Surat Keterangan Lulus dan Biodata tanggal 29-30 Juli 2015
6. Registrasi/daftar ulang dan Pembayaran Uang Kuliah tanggal 1-7 Agustus 2015.
7. Pengumuman kelulusan dapat diakses melalui situs resmi UIN SGD Bandung www.uinsgd.ac.id.


Fakultas dan Jurusan/Program Studi


UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan kesempatan kepada siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah yang berprestasi untuk masuk di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2015-2016 di Fakultas dan Jurusan/Program Studi berikut:

1. Fakultas Ushuluddin


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 101. Filsafat Agama (Akidah Filsafat )
  • 102. Perbandingan Agama 
  • 103. Ilmu Al-Qura'n dan Tafsir (Tafsir Hadits) 
  • 104. Tasawuf dan Psikoterapi 

2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 201. Manajemen Pendidikan Islam
  • 202. Pendidikan Agama Islam 
  • 203. Pendidikan Bahasa Arab 
  • 204. Pendidikan Bahasa Inggris 
  • 205. Pendidikan Matematika 
  • 206. Pendidikan Biologi 
  • 207. Pendidikan Fisika 
  • 208. Pendidikan Kimia 
  • 209. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 

3. Fakultas Syariah dan Hukum


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 301. Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah)
  • 302. Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah (Muamalah)
  • 303. Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
  • 304. Perbandingan Madzhab dan Hukum 
  • 305. Ilmu Hukum 
  • 306. Hukum Pidana Islam 
  • 307. Manajeman Keuangan Syariah

4. Fakultas Dakwah dan Komunikasi


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 401. Bimbingan dan Penyuluhan Islam
  • 402. Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • 403. Manajemen Dakwah
  • 404. Pengembangan Masyarakat Islam
  • 405. Ilmu Komunikasi Prodi Jurnalistik
  • 406. Ilmu Komunikasi Prodi Hubungan Masyarakat

5. Fakultas Adab dan Humaniora


Program pendidikan yang diselenggarakan terdiri dari:

A. Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:
  • 501. Sejarah dan Peradaban Islam
  • 502. Bahasa dan Sastra Arab
  • 503. Bahasa dan Sastra Inggris
B. Program Diploma 3 (D3):
  • 504. Terjemah Bahasa Inggris

6. Fakultas Psikologi


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 600. Psikologi

7. Fakultas Sains dan Teknologi


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 701. Matematika
  • 702. Biologi
  • 703. Fisika
  • 704. Kimia
  • 705. Teknik Informatika
  • 706. Pertanian/Agroteknologi
  • 707. Teknik Elektro

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Sarjana (S-1),  Jurusan/Program Studi:

  • 801. Sosiologi
  • 802. Administrasi Negara
  • 803. Manajemen

Sekian informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri UIN Sunan Gunung Djati tahun akademik 2015-2016. Semoga dapat menjadi panduan bagi kamu yang berminat masuk UIN Bandung. Ingat!!! Jangan sampai salah pilih jurusan. Wassalam.

— Rujukan —


Postingan ini berlaku untuk pendaftaran pada tahun akademik 2015/2016. Untuk informasi terbaru, bisa lihat di Agenda PCMB UIN Bandung 2016.

68 comments:

  1. Assalamualaikum.. mohon info nya.. untuk administarsi Negara apakag sudah ada S2 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... Setau saya program pascasarjana UIN Bandung belum ada administrasi negara nya

      Delete
  2. Aslm Mualaikum, mohon info PMB Tahun 2016, administrasi nya brapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam... Maaf, saat ini saya belum dapat informasi PMB 2016. InsyaAllah nanti akan saya update kalau sudah ada info pastinya...

      Delete
  3. Ada persyaratan khusus buat jurusan administrasi negara??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, syarat khusus yang dimaksud seperti apa ya? Setau saya untuk pendaftaran semua jurusan sama...

      Delete
  4. Untuk test wawancaranya ditanyakan seputar apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf, untuk tes wawancara saya belum pernah ngalamin, dulu waktu saya masuk UIN tes wawancaranya diganti sama tes tulis dadakan yang soalnya meliputi menyambung penggalan ayat Quran, menterjemahkan surah, dsb. Mungkin tidak akan jauh dari materi keagamaan.

      InsyaAllah akan saya tanyakan dulu ke mahasiswa yang berpengalaman... :)

      Delete
    2. Kalo tentang keagamaan nya kurang bagaimana ka? Kesempatan masuk nya Berpengaruh besar tidak? Untuk Kuota mahasiswa kira-kira brp ya?

      Delete
    3. Kalau masuknya lewat snmptn sepertinya tidak terlalu berpengaruh. Pilih saja jurusan yg umum.

      Kalau lulus, mau tidak mau harus belajar lagi materi keagamaan krn nanti di perkuliahan ada materi/tes ibadah/tahfid.

      Maaf, untuk kuotanya saya kurang tau.

      Delete
  5. kang upami ijazah paket c tiasa daftar ka uin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taun kamari mah tiasa, tinggal persyaratan nomer 3 (Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotocopy Raport tiga tahun terakhir).

      Kanggo taun ayeuna mah abdi teu acan nampi info deui kang... Jigana mah sami masih tiasa...

      Delete
  6. Assalamualaikum,ada info tentang biaya persemester sama uang pangkalnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau masalah biaya sekarang saya belum tau ya... Yang pasti UIN Bandung dijamin murah dunia-akhirat deh... huehehe

      Delete
  7. Untuk soal2 jalur mandiri sama ngga modelnya kayak umptkin, atau lebih susah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata adik saya yg ikutan umptkin, materi ujiannya hampir sama, kalo perbedaan di soal mungkin ada...

      Delete
  8. boleh tanya itu memang harus diwajibkan hafal 5 juz al-Quran atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya awal2 ga harus hafal 5 juz deh, saya juga dulu tes jalur mandiri ga ada tes tahfid. Mungkin bagi yg hafal 5 juz syarat masuknya jadi lebih ringan (mungkin)

      Nah kalo nanti di akhir masa perkuliahan (menjelang lulus) memang bakal ada tes tahfid, minimal hafal 1 juz

      Delete
  9. Kang itu walaupun jurusan apa aja harus hafal min.1juz pas kelulusan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah... Saya jg jurusan jurnalistik tetap dites, tapi biasanya yg jurusan umum tesnya ga seketat jurusan agama (tergantung dosen pengujinya juga sih... hehe)

      Delete
  10. kang mohon infonya untuk yg thn 2016 ya

    ReplyDelete
  11. kang mohon infonya untuk yg thn 2016 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba klik link pada tulisan "Agenda PCMB UIN Bandung 2016" yang ada di akhir postingan di atas ya teh... Mudah2an infonya membantu...

      Delete
  12. assalamualaikum maaf kang mau nanya untuk semua persyaratan pendaftarannya harus langsung diserahkan ke uin SGD bandungnya?untuk formulirnya bisa didapatkan dimana? mohon informasinya saya lulusan tahun 2016 dan ingin mendaftar ke uin sgd bandung jalur mandiri, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... Iya kalau jalur mandiri biasanya persyaratan + biaya pendaftaran dibawa langsung ke TKP (biasanya di aula) pas jadwal pendaftaran, formulir dikasih di TKP juga.

      Kalo udah daftar nanti dikasih kartu/nomor ujiannya sama panitia.

      Dulu sih gitu, sekarang kayaknya masih sama deh...

      Delete
  13. Assalamualaikum
    Ka bisa engga ya kalau pe daftarannya pake ijasah sementara soalnya ijasah nya blm jadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sma 1 lagi ka :D pengalaman kakak ujian mandiri uin gmna? :D soalnya saya download soal ujian mandiri uin 2014/2015 ujian bahasa arabnya saya ngak ngerti soalnya bukan MA

      Delete
    2. Kalo perihal ijazah sementara saya kurang tau ya, takutnya nanti salah info...

      Hmmm pengalaman ya, ujian mandiri ya sama aja seperti ulangan umum di sekolah (ada B.Indo, B.Inggris, Mtk, IPA, IPS, Agama), bedanya di jumlah peserta ujian yg banyak bingits.

      Emang sih ada soal2 b.arab diisi aja sebisanya, jangan terlalu serius nanti kehabisan waktu krn soalnya lumayan banyak... hehe

      Saya juga bukan lulusan MA

      Delete
  14. Itu pake itungan kalau salah -1 bnr +4 ngak kak? Maaf ya ka banyak nanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu rumornya gitu, tapi gatau kenyataannya gimana sih... Mungkin aja hoax, hehe

      Delete
  15. kak pendaftaran jalur mandiri tahun sekarang daftarnya lewat online bener ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya iya... Tatacaranya bisa lihat di foto brosur yang sudah saya update di atas ya

      Delete
    2. Sama2... Kalo mau lebih update, buka aja link ini >> http://www.uinsgd.ac.id/front/detail/berita/pendaftaran-online-jalur-mandiri-mulai-dibuka

      Delete
    3. atau ke sini langsung >> http://pcmb.uinsgd.ac.id/

      Delete
  16. Kak kalau ujian mandiri uin itu disela* tes nya ada tes baca quran tajwid dll ngak kak? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ga ada... Kalau ketemu huruf arab pasti ketemu, entah itu ayat quran atau bahasa arab secara tulisan... Tapi kalau masuk UIN usahakan bisa baca quran + tajwid, biar ga kewalahan di akhir... hehe

      Delete
  17. Iya kak makasih infonya
    Doain supaya keterima ya kak hehe

    ReplyDelete
  18. assalamualaikum ka mau tanya, kalo tes nya nanti di kampus uin sgd nya kan ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... Kemungkinan besar akan begitu, karena sekarang pembangunan gedung di UIN sudah rampung jadi ga perlu ngungsi2 lagi tesnya

      Delete
  19. Assalamualaikum wr.wb

    Kak mau tanya, kalo tahun sekarang(2016) hanya ada tes tulis saja ya? tanpa tes wawancara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam... Biasanya sih sepaket tulis+wwncara, tapi kadang suka dibatalin tes wawancaranya, diganti sama tes tulis tambahan... Sepengalaman saya gitu

      Delete
  20. mas kalo udah cetak katu apakah harus menyerahkan persyaratan ke uin ? sesudah tes tulis atau sesudahnya atau gimana ? mohon infonya mas thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, kalo detailnya saya kurang tau. Tapi melihat dari brosur di atas, setelah cetak kartu ujian nanti tinggal datang saat ujian dengan membawa kartu identitas (KTP/Kartu Pelajra/SIM).

      Delete
  21. Assalammualaiqum ka mau tanya lagi :D kalau pengalaman kk wktu itu ikut ujian mandiri yg daftar nya berapa dan yg keterimanya berapa ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh lupa lagi... Kalo ga salah yang daftar 3000an yang keterima 1000an... Entahlah, lupa udah lama hehe

      Delete
  22. Assalamualaikum wr.wb
    Kang punten, saya mau tanya. Ini tes jalur mandiri bener bener gak ditentuin ipa/ipsnya? Terus jalur ini ada uang gedung gak ya? Hatur nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... Kalau tentang IPA/IPS saya kurang tau, tapi dulu teman saya banyak juga yang dari IPA/SMK ke jurusan ilmu sosial.

      Maksudnya uang gedung? Setau saya sekali bayar untuk segala-gala selama 1 semester, kecuali ada biaya ini-itu dari jurusan masing2.

      Delete
  23. Assalamu'alaikum,kang kalo di tahun ini,UIN SGD menerima pendaftaran UM gelombang 2 ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai ada tidaknya gelombang 2, saya belum dapat info. Untuk update informasi silakan kunjungi laman resminya di www.uinsgd.ac.id

      Delete
  24. assalamualaikum, kalo sistem penilaian um uin apa sama spt sbmptn? atau gmana?

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum, kalo sistem penilaian um uin apa sama spt sbmptn? atau gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf, kalau menyangkut sistem penilaian saya kurang tau. Maaf ya :)

      Delete
  26. Assalamualaikum, Kang saya mau tanya kalo jurusan SMK Multimedia bisa masuk jurusan Ilmu Qur'an dan Tafsir ga? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, setau saya tidak ada larangan untuk itu sih. Coba dulu aja...

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Maaf kang mau tanya kalo di uin Bandung menerima mahasiswa transfer engga ya? Terus kalo bisa itu mekanisme nya seperti apa ya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Maaf kang mau tanya kalo di uin Bandung menerima mahasiswa transfer engga ya? Terus kalo bisa itu mekanisme nya seperti apa ya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang dimaksud "transferan" adalah "pindahan" kayaknya bisa, karena dulu di kelas saya juga ada mahasiswa pindahan.

      Tapi maaf, mengenai mekanisme dan segalarupanya saya kurang tau.

      Delete
  30. Bener ga sih ka katanya biaya um lebih mahal dr biaya sbmptn?

    ReplyDelete
  31. Bener ga sih ka katanya biaya um lebih mahal dr biaya sbmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf maksudnya biaya kuliah atau biaya ujian mandiri (um)?

      Delete
    2. Kalau biaya um tiap tahunnya hampir setara dgn ujian yg diselenggarakan negara... Kalau biaya kuliah besarannya berbeda2, tergantung jurusan, bukan tergantung jalur masuk... Setahu saya begitu, semoga pertanyaannya terjawab

      Delete
  32. kalo buat jalur tahfidz teknis ujiannya seperti apa ya? atau mungkin ada kisi kisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, mengenai teknis ujian lebih baik ditanyakan langsung k pihak panitia ya...

      Delete