6/24/2015

Mengulas Sosok di Balik Meme "Hmmm Sudah Kuduga"

Beberapa minggu terakhir jagat social media telah digemparkan oleh beredar foto meme "Hmmm sudah kuduga...". Foto pria berkumis tipis, rambut klimis, mengenakan kemeja oranye (apa coklat gitu) yang berpose klasik ala 90'an.

Belakangan terkuak bahwa foto pria dalam meme tersebut adalah foto Dion Cecep Supriadi. Siapa Dion Cecep Supriadi? Ia adalah seorang blogger yang aktif pada 2005.

Dion Cecep Supriadi, Hmmm Sudah Kuduga
Meme "Hmmm Sudah Kuduga" - Dok. Internet
Blog miliknya berjudul Dion Cecep Supriadi yang beralamat di dioncecepsupriadi.blogspot.com memiliki konten dakwah Islam. Namun blog tersebut sepertinya sudah lama ditinggalkan alias tidak update. Tercatat postingan terakhir berjudul "Kita adalah Da'i" diposting pada 17 Juni 2006. Berikut dua paragraf awal postingan terakhir dalam blog Dion Cecep Supriadi:

Da'i. Kata itu tidak asing bagi kita semua. Julukan yang sering dilontarkan bagi mereka yang suka menyampaikan ceramah keagamaan. Namun betulkah hanya mereka yang disebut Da'i itu? 
Secara bahasa Da'i adalah penyeru atau penyampai informasi. Dalam teori komunikasi Da'i itu adalah komunikator. Ia yang selalu menyampaikan pesan kepada komunikan. Secara istilah Da'i adalah seseorang yang menyampaikan pesan-pesan tentang ajakan menuju jalan Allah (amar ma'ruf nahyi munkar) kepada mustami' atau umat.
Yang cukup menarik dari blog dion cecep supriadi adalah deskripsi blog yang puanjyang buangeud.

Masa muda adalah masa pembentukan fondasi dalam setiap gerak langkah seseorang menuju masa depannya. Apabila fondasi ini kukuh dan mengikuti jalan yang telah digariskan Rasulullah Saw, niscaya ia akan terhindar dari lembah kenistaan dan kehancuran. Lebih dari itu, cita-cita pun akan tercapai dan generasi harapan agama, bangsa, dan negara akan terwujud.
Tak banyak profil yang ditampilkan dalam blognya itu, hanya profil blog biasa. Berikut profil Dion Cecep Supriadi yang diambil dari blognya:

  • Jenis Kelamin : Pria
  • Industri : Teknologi
  • Jabatan : IT Administrator, IT Developer Services
  • Lokasi : Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Perkenalkan Diri Anda : Jika ada 1000 pemuda soleh, akulah diantaranya. Jika ada 100 pemuda soleh, akulah diantaranya. Jika ada 10 pemuda soleh, akulah diantarnya. Jika ada 1 pemuda soleh, [mudah-mudahan] akulah orangnya.
  • Minat : Membaca, Menulis, Mengoperasikan Komputer, Programming, Mempelajari sesuatu yang belum bisa.
  • Film Favorit : Children to Heaven, Ar-Risalah (The Massage), Sholahuddin Al-Ayubi, Singa Padang Pasir, Kiamat Sudah Dekat, Si Doel Anak Sekolahan, Mann
  • Musik Favorit : Izzatul Islam, Arruhul Jadid, Tarbiyah, Raihan, Hijjaz, Shouthal Harokah, Rhoma irama, Siti Nurhaliza
  • Buku Favorit : Rich Dad Poor Dad, Laa Tahzan, Buku-buku tentang Harokah, Buku-buku tentang Pembinaan Agama dan Aqidah, Buku-buku tentang Tsaqofah Islamiyah, Buku-buku Hasan Al-Banna, Buku-buku Fauzhil Adhim, Buku-buku Dr. Yusuf Al-Qaradhowi, Buku-buku Said Hawwa, Buku-buku Sayyid Qutb, Buku-buku Manajemen Organisasi dan Perusahaan, Buku-buku Manajemen Keuangan, Buku-buku Pengembangan Diri, Buku-buku Enterpreuneur, Buku-buku Komputer

Dari profilnya tersebut, terlihat bahwa Dion Cecep Supriadi adalah seorang yang islami, suka membaca, dan benar-benar berminat di bidang IT.Lalu bagaimana keadaan Dion Cecep Supriadi sekarang? Kini ia telah berkeluarga dan telah memiliki dua orang anak. Dirinya bekerja sebagai karyawan IT di sebuah perusahaan otomotif ternama.

Dion Cecep Supriadi, Dion Cecep Supriadi Terbaru
Dion Cecep Supriadi Kini - Dok. Internet
Sayangnya, semakin ramai diperbincangkan atas fotonya itu, pihak Dion Cecep Supriadi yang diwakili oleh sang istri mengaku tak senang. Berikut petikan wawancara yang dikutip dari warta.sumedang.info:

“Meme itu kan kerap dijadikan bahan olokan. Saya dan keluarga keberatan kalau foto suami saya terus-terusan dijadikan objeknya,” ujar Novi, sang istri.

“Ya malu. Harusnya nggak usah disebar luaskan begitu. Saya juga awalnya nggak tahu bahwa suami saya punya foto itu,” lanjutnya.

#HmmmSudahKuduga

Atas ketenarannya, Dion Cecep Supriadi pun sempat diundang oleh dua stasiun kereta televisi swasta untuk menjadi pengisi acara. Dion Cecep Supriadi mengaku tersentak atas ketenaran dirinya melalui foto yang tersebar di media sosial.

Dalam acara di talkshow di TV tersebut dirinya mengaku sempat emosi ketika mengetahui foto dirinya diedit sedemikian rupa hingga melebihi batas kewajaran. Dirinya tidak tau mengapa foto masa mudanya itu (10 tahun lalu) bisa tersebar, dan ternyata foto tersebut berasal dari foto profil blog miliknya yang telah lama ditinggalkan. Berikut cuplikan acara talkshow "Dion Cecep Supriadi":




Meskipun jadi bahan guyonan, mudah-mudahan ketenaran kang mas bro cecep ini menjadi varokah bagi dirinya beserta keluarganya. Lagian sih tingkah anak meme juga kadang keterlaluan. Termasuk saya sendiri sih, saya sempat memasang foto mas Dion cecep Supriadi sebagai profil picture twitter saya... Hampura :(

5 comments:

  1. Kasian ih jadi bahan objek untuk kesenangan orang lain duh x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kasian sih... Tapi gimana lagi, udah terlanjur nyebar... hehe

      Delete
  2. iya bener gan , tadi ane ngecek blognya ... ternyata syudah kuduga hmmmm ..

    ReplyDelete