12/08/2015

GAME ON! Liga Blogger Indonesia

Liga Blogger Indonesia adalah kompetisi yang diperuntukkan buat blogger-blogger Indonesia. Dengan konsep yang berbeda, LBI memberikan pengalaman lebih kepada blogger yang berpartisipasi. Lebih banyak berinteraksi, silaturahmi, dan tentunya berkompetisi.

Penjelasan di atas sengaja saya contek dari laman profil Liga Blogger Indonesia. Kenapa nyontek? Ya karena saya masih buta tentang Liga Blogger Indonesia. Harap maklum ya, tau Liga Blogger Indonesia nya saja baru beberapa menit yang lalu, sebelum postingan ini dipublish.

GAME ON! Liga Blogger Indonesia

Dari nama kompetisinya terasa unik, terutama saya sebagai pecinta sepakbola nasional, akhir-akhir ini (setelah vakumnya persepakbolaan indonesia) mendadak peka kalau mendengar kata liga. Dan sialnya, kompetisi yang diprakarsai oleh dotsemarang ini menggunakan kata 'liga', terang saja batin saya tenggoda untuk turut meramaikan kompetisi.

Saya sudah ngeblog ± dari tahun 2009, tapi kok baru tau ya kalau blogging ada kompetisinya, kalau sekadar kompetisi dalam format lomba (sekali posting) sih dah banyak. Kalau ini dalam format liga, dan kompetisi yang (semoga bisa) saya ikuti ini sudah memasuki musim ke-4. Betapa ketinggalan infonya saya ini.

Dalam kompetisi berformat liga, peserta dituntut untuk menjaga performa blogging secara berkesinambungan sampai musim kompetisi berakhir. Terdengar melelahkan sih, tapi apa salahnya dicoba. Kali aja bisa berjaya.

Kenapa Ikutan LBI?

Pertama, karena saya tertarik dengan nama kompetisinya. Kedua, saya tertarik dengan format kompetisi yang mengadopsi liga sepakbola, seperti ada jadwal pertandingan dan klasemennya. Ketiga, buat melecut semangat saya untuk rajin posting, karena jujur saja, setelah terjun di dunia kerja, sangat sulit bagi saya mencari waktu luang buat nulis, pulang kerja ya langsung bobo ganteng. Keempat, biarpun ini bertajuk kompetisi, boleh kan antar kompetitor saling berteman.

Tujuan Ikutan LBI?

Tujuannya ya mirip-mirip dengan alasan kenapa ikutan LBI, selain untuk memacu agar semakin rajin nulis, juga buat nambah relasi sesama blogger, kali aja di antara peserta ada yang cocok. Cocok apa coba?

Harapannya?

Semoga kompetisi ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun. Juga semoga LBI bebas dari ancaman mafia pertandingan, atau wasit yang berat sebelah. Semoga saya lolos kualifikasi, dan mudah-mudahan saya juaranya (sebagai langkah awal ga juara juga gapapa deh, yang penting saya punya tekad serius). Oleh sebab itu mohon loloskanlah saya untuk berkompetisi dalam LBI musim 2016 (dan selanjutnya)... hehe

Hadiahnya?

Dalam kompetisi ini, hadiah akan diberikan pada sang pemuncak klasemen akhir. Maka dari itu mungkin hadiah yang diberikan pun akan bernilai besar, mengingat panjangnya durasi kompetisi, dan beratnya perjuangan untuk 'mengalahkan' sekian kompetitor tangguh.

Perkara hadiah apa yang akan didapat saya pun belum tahu. Karena saya orangnya realistis, sekarang saya belum memikirkan hadiah, yang ada hanyalah bagaimana caranya bisa lolos kualifikasi. Tapi kalau dipaksa mikir hadiah, saat ini saya lagi pengen sepeda :D

Sarannya?

Hmmm... Saran ya? Baiklah, menurut saya promosi perhelatan LBI harus lebih digalakkan, supaya lebih banyak lagi blogger yang ikut kompetisi ini. Juga, masih nyangkut masalah hadiah, baiknya jangan hanya peraih scudetto saja yang dapat hadiah, boleh lah ada pemenang tambahan, seperti runner-up liga, blogger terbaik, dan blogger ter-fairplay.

Semoga kedepannya, LBI memiliki jenjang kompetisi, misalnya Liga Super Blogger Indonesia, Divisi Utama, Divisi 1, Divisi 2, dan seterusnya. Biar nanti lebih seru ada sistem degradasi dan promosi-nya :D

Dah, segitu dulu ya. Wassalam. GAME ON!

— Update —

Karena kesalahan teknis, nama saya tak terdaftar dalam list peserta babak kualifikasi LBI, meskipun telah mengirim postingan tema dan bebas. Secara otomatis saya pun didiskualifikasi dari LBI periode tahun ini. Itu sungguh mengecewakan. Belum bertanding sudah angkat koper duluan. Entah LBI berikutnya saya akan ikut atau tidak, semoga saja masih ada umur dan kesempatan. Sukses buat LBI tahun ini ya :)

10 comments:

  1. Selamat berkompetisi..semoga makin semangat & produktif nge-blog nya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak, semangat juga ya... Saya tau LBI juga kan dari blog nya mbak... hehe

      Delete
  2. Selamat mengikuti kompetisi LBI 2016 Mas Bro, salam dari Grup A. Insya Allah ada kesempatan kita bakal ketemu di klasemen yang sama. I'll waiting You there... :-)

    ReplyDelete
  3. Tak doain bang dapet sepeda :v

    @mzaini30

    ReplyDelete
  4. huhuuu aku gtau sama sekali ada beginiaaannn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga awalnya gitu mbak, untung belum telat :D

      Melihat dari blog punya mbak, kalau ikutan sepertinya bakal seru :)

      Delete
  5. Replies
    1. Sesuai update di akhir postingan bang, saya ketiban sial gara-gara kesalahan teknis jadinya ga bisa ikutan, bahkan untuk babak kualifikasi sekalipun... haha

      Delete