Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya

Berwisata dewasa ini tidak harus memiliki bujet yang besar karena segala kebutuhan para wisatawan tersedia dalam berbagai pilihan kelas. Dari mulai akomodasi, penginapan, hingga makanan, kita bisa memilih dengan leluasa, sesuai bujet yang tersedia.

Namun menyediakan bujet rendah bukan berarti kualitas dalam berwisata menjadi murahan. Justru petualangan dengan menganggarkan bujet rendah jadi lebih seru dan berkesan.

Kamu sebaiknya merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari untuk menekan anggaran. Mulailah memesan tiket pesawat atau kereta agar harga yang lebih murah atau harga promo bisa kamu dapatkan. Begitu juga dengan rencana memesan penginapan, sehingga kamu memiliki waktu lebih lama untuk memilih akomodasi dengan kualitas baik sekaligus harga yang tidak kebangetan.

Penginapan bisa kamu booking di Traveloka yang banyak direkomendasikan berbagai pihak untuk beragam jenis wisata. Apalagi dengan meggunakan aplikasinya akan jauh mempermudah akses pemesanan, pembayaran dengan harga jujur dan termurah. Pemesanan jauh-jauh hari sangat membantumu agar terhindar dari segala kemungkinan yang tak terpikirkan.

Ikon Kota Surabaya, Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya
Ikon Kota Surabaya - Dok. Bigersmen.blogspot.com

Salah satu kota yang bisa dijelajahi dengan bujet tidak terlalu besar adalah Kota Surabaya. Seperti dalam lagu anak-anak, dari Bandung ke Surabaya dapat ditempuh menggunakan kereta api tut.. tut.. tut... Namun jangan harap bisa naik dengan percuma :D
Selain kereta api, moda transportasi udara seperti pesawat (memangnya apalagi?) bisa menjadi pilihan. Silakan pilih mana yang menurutmu memudahkan dan memurahkan.

Mengenai penginapan, Hotel di Surabaya sangat beragam, kamu tinggal menentukan pilihan mana yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Namun, jangan juga mengorbankan kenyamanan, karena kamu tetap memerlukan tempat istirahat yang maknyus sebelum dan sesudah menjelajah tempat wisata.

Salah satu hotel yang banyak direkomendasikan adalah Quest Hotel Surabaya, yang terletak di Jalan Ronggolawe no 27-29 Surabaya. Dengan fasilitas pertamax, hotel ini dapat dikatakan cukup murah. Meski kamu masih bisa menemukan hotel atau penginapan yang lebih murah dari hotel ini, namun beberapa aspek, seperti halnya keamanan dan akses jalan raya tetap menjadi pertimbangan penting.

Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya, quest hotel surabaya
Qoest Hotel Surabaya - Dok. Questhotels.com

Kota Surabaya memiliki banyak pilihan tujuan wisata. Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke kota pahlawan ini cukup terkesan dengan semua kerapihan tata kota dan taman-tamannya yang indah. Pemerintahan kota setempat memang memiliki komitmen yang tinggi untuk menyediakan lebih banyak area hijau.

Taman Bungkul adalah salah satu tempat yang cukup populer karena keindahan dan keteraturannya. Bahkan taman yang berada di Jalan Darmo ini pernah mendapatkan penghargaan dari Asian Townscape Award. Taman ini sering dijadikan pusat hangout oleh anak-anak muda Surabaya, baik saat siang atau pun malam hari. Pada waktu-waktu tertentu live music juga ditampilkan, hingga suasana taman Bungkul menjadi lebih hangat dan meriah.

Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya, taman bungkul
Taman Bungkul - Dok. Pritahw.com
















Tugu Pahlawan, sesuai dengan gelarnya yaitu kota Pahlawan, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya tanpa singgah di Tugu Pahlawan. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan Kota Surabaya dalam merebut kemerdekaan. Letaknya berdekatan dengan Balai Kota Surabaya.

Berikutnya adalah Monumen kapal selam yang dipamerkan sejak tahun 1962. Kapal Selam ini dibuat oleh pihak Uni Soviet dan sampai saat ini bisa dimasuki oleh pengunjung. Kita bisa melihat langsung interior kapal selam aslinya. Terdapat tombol-tombol pengendali, juga periskop yang masih berfungsi, kamu bisa mencobanya untuk melihat keadaan di luar.

Pemandangan di luar monumen kapal selam adalah sungai yang terjaga kebersihannya dan berada diantara gedung-gedung tinggi.
Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya, monumen kapal selam
Monumen Kapal Selam - Dok. Donnylifestory.blogspot.com

Wisata mangrove Wonorejo, ini mungkin agak berbeda dari tujuan wisata pada umumnya. Namun dipastikan kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda. Salah satu wisata mangrove dengan fasilitas yang lengkap adalah Wonorejo, kamu bisa menaiki kapal untuk melihat barisan hutan mangrove hingga ke selat Madura. Di sana kamu juga bisa mendapatkan produk petani Mangrove salah satunya sirup dan batik mangrove.

Masih tidak terlalu jauh dari selat Madura, ada Pantai Kenjeran yang harga tiketnya cukup terjangkau. Suasana tradisional sangat terasa dari gapura-gapura yang penuh ornamen, terlebih jika kamu menyempatkan berjalan-jalan ke kampung Nimbangan. Di sana terdapat pasar ikan dan pedagang kaki lima.

Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya, pantai kenjeran
Pantai Kenjeran - Dok. Kompasiana.com

Jika sudah puas mengelilingi Surabaya dan hendak mencari makanan khas, kamu harus mencoba kripik bekicot dan keripik tripang. Selintas rasanya seperti makanan laut biasa, namun terasa lebih gurih. Makanan ini juga bisa dibeli untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Tidak lengkap rasanya jika ke Surabaya kamu tidak menyempatkan diri berfoto dengan latar belakang lambang Kota Surabaya. Letaknya tepat di depan Kebun Binatang Surabaya yang merupakan kebun binatang tertua di Asia Tenggara.

Moda transportasi di Kota Surabaya terdapat banyak pilihan, mulai dari mikrolet, bus dalam kota (hanya saja seringkali penuh), hingga becak jika ingin mengelilingi Surabaya dengan lebih tenang. Untuk menghindari kemacetan, saat ini layanan ojek online pun sudah tersedia.

Beberapa tujuan wisata yang telah dijabarkan tentu bisa dijadikan sebagai pertimbangan sehingga perjalanan berbujet ekonomis di Kota Surabaya dapat segera diwujudkan. Wassalam.

1 komentar untuk "Jelajah Wisata Berbujet Ekonomis di Surabaya"