2/02/2017

Prosedur Pembuatan Surat Kelakuan Baik atau SKCK

Sebagai warga negara Indonesia terlebih telah menginjak usia dewasa tentu tak asing dengan istilah SKCK yang merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian, sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Meskipun sudah berganti nama, sebagian besar masyarakat tetap menyebutnya Surat Kelakuan Baik.

Dulu, ketika masih bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan kepada orang yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut. Masa berlaku SKKB adalah selama 6 (enam) bulan.

SKCK marak dibutuhkan oleh masyarakat ketika melamar kerja (tidak semua perusahaan mewajibkan) atau mendaftar CPNS.

Berkas-berkas yang diperlukan untuk membuat SKCK diantaranya :

- Fotocopy kartu identitas diri (KTP/SIM)
- Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
- Surat Pengantar bertandatangan/cap RT dan RW
- Uang (untuk fotocopy, akomodasi perjalanan, dan biaya pembuatan SKCK)

Berikut tahapan yang harus dilalui untuk membuat SKCK, dari tingkat RT hingga Polsek :
  1. Membuat Surat Pengantar pembuatan SKCK dari RT bertandatangan RT dan RW.
  2. Menyerahkan Surat Pengantar tersebut dilengkapi fotocopy KTP/SIM dan fotocopy Kartu Keluarga ke Kantor Desa/Kelurahan sesuai domisili untuk diganti dengan Surat Pengantar bertandatangan Kepala Desa/Lurah.
  3. Menyerahkan Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan (Asli + Fotocopy), dilengkapi fotocopy KTP/SIM dan fotocopy Kartu Keluarga ke Kantor Kecamatan untuk ditandatangani oleh Camat.
  4. Bawa Surat Pengantar yang telah ditandatangani Camat ke Polsek (sesuai domisili) bagian pelayanan SKCK.
Prosedur Pembuatan Surat Kelakuan Baik atau SKCK, kecamatan cileunyi
Gapura Kantor Kecamatan Cileunyi - Dok. Asep Abdul Rozak

Adapun kelengkapan yang harus dibawa ke Polsek antara lain :

- Surat Pengantar yg telah ditandatangani Camat
- Fotocopy KTP/SIM
- Fotocopy Kartu Keluarga
- Pas foto berwarna ukuran 4x6 3 buah (untuk berjaga-jaga bawa lebih saja)

Semua berkas tersebut diserahkan pada petugas pelayanan SKCK untuk mendapatkan formulir pembuatan SKCK. Persyaratan biasanya diserahkan kembali untuk sementara sebagai bahan contekan mengisi formulir. Karena isian formulir tak jauh dari data dalam KTP dan KK.

Prosedur Pembuatan Surat Kelakuan Baik atau SKCK, polsek cileunyi
Papan petunjuk di Polsek Cileunyi - Dok. Asep Abdul Rozak

Oh iya, jangan lupa membawa alat tulis karena pihak kepolisian tidak menyediakan hal semacam itu. Isilah formulir dengan tepat dan cermat, jika bingung kamu bisa melihat contoh isian yang (biasanya) tersedia di sana. Jika tidak ada bisa tanyakan langsung ke petugasnya.

Prosedur Pembuatan Surat Kelakuan Baik atau SKCK, polsek cileunyi
Lokasi pengisian formulir SKCK di Polsek Cileunyi - Dok. Asep Abdul Rozak

Dalam formulir biasanya ditanyakan ciri fisik diri, hobi, nama dan usia saudara kandung dan tiri (jika ada), hingga hal-hal detil lain, termasuk apakah kamu memiliki catatan kriminal atau pernah melakukan pelanggaran etika dan norma. Pokoknya persiapkan saja informasi mengenai dirimu dan keluargamu.

Setelah selesai mengisi formulir, serahkan formulir beserta persyaratan tadi ke petugas pelayanan SKCK. Pada tahap ini biasanya petugas bertanya apakah SKCK ditujukan untuk swasta atau negeri, jika untuk ke negeri petugas akan merekomendasikan kamu untuk membuat SKCK di Polres Kabupaten/Kota.

Jika tidak ada aral melintang, selanjutnya tinggal menunggu beberapa menit sampai namamu dipanggil untuk menerima SKCK. Sebagai tahap akhir, kamu akan diminta membayar biaya pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000 (mengalami kenaikan 200% dari sebelumnya RP 10.000 terhitung sejak 6 Januari 2017).

Prosedur Pembuatan Surat Kelakuan Baik atau SKCK, polsek cileunyi
Kenaikan biaya pembuatan SKCK mencapai 200% - Dok. Asep Abdul Rozak

Setidaknya begitulah prosedur membuat Surat Kelakuan Baik atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang saya alami dari mulai Kampung Sadang, Desa Cinunuk, Hingga Kecamatan dan Polsek Cileunyi. Semoga postingan ini menambah khazanah per-proseduran di negeri yang memang banyak prosedur ini. Wassalam 😁

0 komentar:

Post a Comment