9/21/2017

Mengatasi Printer HPPSC 1410 Series Tidak Terdeteksi

Awal September 2017 saya membeli printer HP PSC 1410 All-in-One, harganya murah cuma 280 ribu (second sih). Awalnya curiga juga dengan harga segitu, secara biar pun second tapi printernya kan multifungsi (scan and copy). Tapi setelah dites sama penjualnya ternyata masih normal.

Sesampainya di rumah, saya langsung unduh drivernya dari laman resmi HP sebagai syarat menginstall ke komputer. Setelah unduhan selesai (ukuran filenya sekira 370MB), lanjut ke proses install. Nah, pada tahap inilah terjadi masalah yang cukup mendebarkan.

Printer tidak terdeteksi, padahal sudah menginstall drivernya. Sebenarnya terdeteksi sih, tapi hanya scan dan copy saja, sedangkan fungsi utamanya sebagai printer tidak bisa digunakan. Saya coba add printer secara manual lewat control panel, namun tak membuahkan hasil karena tipe printer saya tidak tercantum dalam list printer. Saya coba menggunakan driver HP tipe lain yang ada dalam list, namun tidak ada yang cocok. Lalu saya diperintahkan untuk melakukan Windows Update, saya pun menuruti perintah tersebut, namun hasilnya nihil banget.

Mengadu dan mencari bantuan di forum printer HP sangat tak membantu, karena solusi yang mereka berikan amat berbau formalitas, seperti install driver dan bla bla bla lainnya. Bermacam-macam cara telah dilakukan, tidak ubahnya seperti perlombaan. Mulai dari ganti kabel USB, install-uninstall program beberapa kali, hingga install ulang komputer. Tapi tetap saja hasilnya NOL BESAR, meskipun hal absurd telah saya lakukan, seperti memukul printernya (siapa tahu manjur seperti halnya pada remot TV).

Saya pun coba menenangkan diri. Setelah tiga hari bersemedi saya mendapat ilham dan coba menghadapi printer kampret ini lagi. Kali ini saya menggunakan cara sendiri, kira-kira begini :

  1. Komputer kamu harus terkoneksi ke internet.
  2. Install driver HP, dengan tidak menghubungkan printer ke komputer.
  3. Ikuti proses install driver sampai ada perintah menghubungkan printer ke komputer.
  4. Hubungkan printer ke komputer hingga printer terdeteksi, proses ini memerlukan waktu sekira 30 menit atau lebih.
  5. Setelah proses install driver selesai, secara otomatis printer kamu terdeteksi dan bisa digunakan.

Kira-kira begitulah cara saya mengatasi masalah printer HPPSC 1410 Series yang tidak terdeteksi oleh komputer. Sepertinya cara ini berlaku juga untuk printer HP tipe lain, karena setelah dicek ulang, list tipe printer HP yang terdaftar di komputer saya bertambah.

Mengatasi Printer HPPSC 1410 Series Tidak Terdeteksi

Dari pemecahan kasus di atas, saya berkesimpulan bahwa solusi inti untuk memecahkan masalah printer HP yang tidak terdeteksi adalah harus terkoneksi ke internet ketika menginstall drivernya. Cukup simpel meski harus mengorbankan kuota internet (kecuali pengguna internet langganan). Semoga postingan ini bisa menjadi solusi pemecahan masalah bagi kamu yang bernasib serupa. Wassalam.

0 komentar:

Post a Comment