11/26/2017

Perpanjang STNK Tahunan di Samsat Outlet Ladies

Sebagai warga negara yang baik, tiap November saya rutin membayar pajak atau perpanjang STNK motor. Kadaluarsanya sih tanggal 17, tapi saya selalu bayar beberapa hari sebelumnya. Termasuk pajak untuk tahun ini saya bayar tanggal 15, sehari setelah jadwal operasi zebra usai.

Meskipun berkas yang dibutuhkan untuk perpanjangan STNK tahunan katanya hanya KTP dan STNK, demi jaga-jaga saya persiapkan segala sesuatu mulai dari KTP, STNK, hingga BPKB, asli dan foto copy.

Niatan awalnya saya mau perpanjang di Samsat Rancaekek, tapi karena pagi itu cuaca gerimis mengundang, saya putuskan untuk coba perpanjang STNK di Samsat Outlet Ladies Bandung Timur yang ada di kawasan Ruko Tritan Point, Cipadung. Selain karena faktor jarak yang tak terlalu jauh dari rumah, juga sepertinya di sana tak pernah terlihat terjadi antrean yang ekstrim.

Karena namanya Samsat Outlet Ladies, konon kabarnya semua petugas di sana adalah wanita. Sangat Cukup menarik.

Sebelum berangkat, saya searching dulu via Google Maps mengenai jadwal buka-tutup Samsat Outlet Ladies tersebut. Tayangan Google menyatakan bahwa jam operasi Samsat Outlet Ladies adalah pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Saya memutuskan berangkat dari rumah pukul delapan pas, biar tidak kelihatan ngebet banget ingin bayar pajak. Sekira 15 menit kemudian saya sampai di lokasi. Motor pun saya parkirkan tepat di depan gedungnya.

Ketika hendak masuk ruangan saya disambut oleh seorang petugas. Beliau menyambut dengan sapaan khas front office, dilanjut dengan pertanyaan "Mau perpanjangan?". Lalu saya jawab "Mau bayar pajak tahunan", karena kalau dijawab "iya" saja takut salah paham.

Petugas pun meminta KTP dan STNK asli untuk selanjutnya diproses di Loket 1 (Pendaftaran, Penetapan, Pengesahan). Sedangkan saya dipersilakan duduk menunggu panggilan.

Selang 10 menit nama saya dipanggil oleh petugas Loket 2 (Pembayaran & Penyerahan) atau kasir bank, dan saya diberitahu besaran pajak yang harus dibayar. Setelah membayar, saya pun bisa memboyong KTP, dan STNK yang sudah divalidasi (termasuk lembar Surat Ketetapan Pajak Daerah atau SKPD) kembali ke habitatnya.

Perpanjang STNK Tahunan di Samsat Outlet Ladies, bandung timur, bayar pajak, samsat
Samsat Outlet Ladies Bandung Timur - Dok. Pribadi

Sesuai namanya, semua petugas yang ada di Samsat Outlet Ladies adalah ladies, tidak ada gentlemen, mulai dari petugas yang jaga pintu hingga kasir bank. Jadi bisa saya tegaskan bahwa embel-embel ladies di sana bukanlah isapan jempol belaka.

Sebagai informasi, Samsat Outlet Ladies Bandung Timur buka hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00-15.00 WIB, tapi pendaftaran ditutup pukul 14.30 WIB. Khusus hari Sabtu, Samsat tutup pukul 11.00 WIB.

Samsat Outlet Ladies Bandung Timur pun sepertinya hanya menerima perpanjang STNK tahunan mencakup PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan pengesahan STNK tahunan. Untuk lima tahunan tetap harus ke Samsat asli.

Dari pengalaman perpanjang STNK tahunan di Samsat Outlet Ladies Bandung Timur, saya memiliki  kesimpulan sebagai berikut :

  1. Syarat perpanjang STNK tahunan di sana hanya KTP dan STNK asli, keduanya harus atas nama yang sama.
  2. Pelayanan di Samsat Outlet Ladies Bandung Timur terbilang cekatan.
  3. Prosedur perpanjang STNK tahunan di Samsat Outlet Ladies Bandung Timur terbilang cukup sederhana. Tinggal memberikan KTP dan STNK asli, kita tinggal menunggu panggilan untuk pembayaran.

Intinya, perpanjang STNK di Samsat Outlet Bandung Timur itu Mudah, Cepat, dan Bebas Calo. Begitulah pengalaman saya perpanjang STNK di Samsat Outlet Ladies Bandung Timur. Wassalam.

0 komentar:

Post a Comment