5/30/2014

Opini Dalam Surat Kabar

Opini Dalam Surat Kabar
Halaman Opini - Dok. Pribadi
Jika kita membuka sebuah surat kabar, komposisi di dalamnya tidak akan jauh dari tiga kelompok besar, yakni berita (news), opini (views), dan iklan (advertising). Kali ini, saya akan membahas kelompok opini dalam sebuah surat kabar. Macam-macam opini yang dimaksud antara lain:

1. Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau editorial adalah opini dan sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal, dan kontroversial yang berkembang dalam masyarakat. Karakter atau identitas sebuah surat kabar terletak pada tajuk rencana yang diterbitkannya.

2. Karikatur
Karikatur diartikan sebagai opini redaksi media dalam bentuk gambar yang sarat dengan muatan kritik sosial dengan memasukkan unsur kelucuan, anekdot, atau humor agar siapa pun yang melihatnya bisa tersenyum, termasuk tokoh atau objek yang dikarikaturkan itu sendiri.

3. Pojok
Pojok adalah kutipan pernyataan singkat narasumber atas peristiwa tertentu yang dianggap menarik atau kontroversial, untuk kemudian dikomentari oleh pihak redaksi dengan kata-kata atau kalimat yang mengusik, menggelitik, dan adakalanya reflektif.

Tujuannya untuk “mencubit”, mengingatkan, menggugat. Kritis tetapi tetap etis. Sesuai dengan namanya, pojok ditempatkan di sebelah pojok.

4. Artikel
Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan atau kontroversial dengan tujuan untuk memberitahu (informatif), memengaruhi dan meyakinkan (persuasif argumentatif), atau menghibur khalayak pembaca (rekreatif).

5. Kolom
Kolom adalah opini singkat seseorang yang lebih banyak menekankan aspek pengamatan dan pemaknaan terhadap suatu persoalan atau keadaan yang ada di masyarakat. Kolom lebih banyak mencerminkan cap pribadi penulis.

Sifatnya memadat, memakna, dan inferensial, bandingkan dengan sifat artikel yang lebih banyak memapar, melebar, dan referensial (berdasarkan referensi). Sangat dianjurkan, tulisan kolom disertai foto penulis. Anjuran yang sama justru tidak berlaku bagi artikel.

6. Surat pembaca
Surat pembaca adalah opini singkat yang ditulis oleh pembaca dan dimuat dalam rubrik khusus surat pembaca. Surat pembaca biasanya berisi keluhan atau komentar pembaca tentang apa saja yang menyangkut kepentingan dirinya atau masyarakat.

Rubrik surat pembaca lebih merupakan layanan publik dari pihak redaksi terhadap masyarakat. Dalam rubrik ini pembaca boleh menuliskan apa saja dan ditujukan kepada siapa saja.

0 komentar:

Post a Comment