Prosedur Pengambilan BPKB Setelah BBNKB

Sebelum membaca tulisan ini, ada baiknya kamu membaca postingan saya sebelumnya mengenai Prosedur Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Sebab tulisan ini merupakan sequel postingan tersebut.

Terhitung dua bulan setelah saya melalui proses BBNKB di Samsat Rancaekek, tibalah waktunya saya mengambil BPKB baru di Polres Bandung yang berlokasi di Soreang.

Dari Cileunyi jaraknya lumayan jauh, dan saya rekomendasikan naik motor saja, kalau punya mobil ya silakan manfaatkan 👮

Untuk sampai ke Polres Bandung saya memilih jalur kota yakni melalui jalan Soekarno Hatta, lalu masuk ke jalan Kopo (kalau dari arah Cileunyi patokannya setelah Terminal Bis Leuwi Panjang belok kiri. Setelah masuk jalan Kopo kamu cari jalan sendiri ya 😁

Setelah tiba di Polres, langsung saja kamu datang ke bagian pelayanan BPKB. Kalau di Polres Bandung letaknya antara parkiran motor dan lapangan tempat pengujian bikin SIM. Moal bireuk pokona mah, ada tulisannya kok, gede lagi.

Prosedur Pengambilan BPKB Setelah BBNKB, polres bandung, soreang
Pelayanan BPKB Polres Bandung - Dok. Asep Abdul Rozak

Prosedur pengambilan BPKB setelah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor cukup mudah. Berkas yang harus dibawa antara lain :

1. Resi pengambilan BPKB yang kamu terima saat proses BBNKB.
2. Fotocopy STNK baru.
3. Fotocopy KTP pemilik baru.
4. Surat kuasa + KTP asli pemilik baru, apabila pengambilan BPKB diwakilkan.

Berkas-berkas tersebut kamu berikan ke petugas pelayanan BPKB. Setelah itu tunggu hingga namamu dipanggil untuk menerima BPKB baru atas nama cinta kamu.

Prosedur Pengambilan BPKB Setelah BBNKB, polres bandung, soreang
Loket pelayanan BPKB Polres Bandung - Dok. Asep Abdul Rozak

Proses sudah selesai. Namun, sebelum pulang ada baiknya cek kembali data-data yang tertera dalam BPKB, diantaranya data diri seperti nama, alamat, dan nomor KTP, serta data kendaraanmu terutama nomor kendaraan (nomor plat), nomor mesin, nomor rangka, dan data-data lainnya.

Jika terdapat kesalahan segera adukan ke petugas pelayanan BPKB, jelaskan kesalahannya, dan tunggu namamu dipanggil lagi untuk menerima BPKB dengan data yang telah dikoreksi.

Pengalaman saya waktu itu terdapat kesalahan pada nomor KTP, sedangkan ada peserta lain yang salah nomor plat. Tapi semuanya dapat teratasi, karena sepertinya data dalam BPKB ditulis secara manual, sehingga mudah untuk memperbaikinya. Oh iya, pelayanan BPKB tetap buka di hari Sabtu, hanya saja jam kerjanya setengah hari.

Demikianlah ulasan mengenai prosedur pengambilan BPKB setelah proses BBNKB di Polres Bandung. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Posting Komentar

27 Komentar

  1. I'm more than happy to uncover this page. I need to to thank you for your time just for this wonderful read!!
    I definitely enjoyed every bit of it and I have you saved
    to fav to look at new things on your site.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai anonymous, thank you for visiting and reading my post. Enjoy this site :)

      Hapus
  2. Mau nanya cara ngambil bpkb dipolda bila resi pengMbilan dan berkas berkas balik namanya hilang..harus bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya bisa diganti dengan surat kehilangan dari kepolisian, lebih bagus kalau masih ingat kapan hilangnya... Semoga membatu

      Hapus
  3. Maaf mau tanya, kalau ambil bpkb nya telat *dari tanggal resi yg di berikan* masih bisa ga ya? Telatnya sudah mendekati 1 tahun...mohon bantuannya.. Trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya datang saja dulu kesana, karena dokumen penting seperti BPKB pasti disimpan dengan baik.

      Hapus
  4. Pengambilan BPKB setelah balik nama itu gratis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngambilnya gratis kang, soalnya udah bayar waktu proses BBNKB

      Hapus
  5. hari sabtu sampai jam berapa, pelayanan pengambilan bpkb? trmkasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setengah hari tp lupa sampai jam berapa, usahain sebelum jam 12 aja kang

      Hapus
  6. Pak maaf sblmnya saya mau tanya kan resi yg diberikan ada tanggal pengambilan bpkb nah itu kalau pengambilan bpkb sblm tanggalnya boleh tidak pak? Dan kalau pengambilan bpkb diwakilkan itu juga harus memenuhi syarat yg bapak tuliskan diatas apabilan beda polres? Saya dijateng. Terimakasih sblmnya saya tunggu jawaban bpk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengambilan harus sesuai tanggalnya atau setelahnya. Kalau syarat di Polres lain saya kurang tau, tapi kemungkinan syaratnya sama.

      Hapus
    2. Kalau ngambilnya gk bs pas tgl yg di tentukan apa boleh? Atau nanti kena denda?

      Hapus
    3. Kalau ngambilnya gk bs pas tgl yg di tentukan apa boleh? Atau nanti kena denda?

      Hapus
    4. kalau ngambilnya lewat dari tgl yang ditentukan mungkin masih bisa. soal ada atau tidaknya denda saya belum tau, tapi tidak ada denda sih kayaknya

      Hapus
  7. Kalau seumpama resi hilang bagaimana cara pengambilan bpkb ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dengan membuat surat kehilangan dari kepolisian mbak. Mudah-mudahan bisa teratasi.

      Hapus
  8. kalo mau mengurus bbkb ke polsek persyaratannya apa aja yang harus di bawa ke polsek setempat?

    BalasHapus
  9. kalo mau ngurus bbkb hilang di polsek,persyaratannya apa aja yang harus di bawa ke polsek se tempat

    BalasHapus
  10. Mohon maaf saya mau tanya.
    Jika pengambilan bpkb 3 hari atau seminggu sesudah tanggal resi yang di tentukan apakah masih bisa di ambil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masih bisa, karena BPKB dokumen yg cukup penting. Tapi usahakan ambil sesuai tanggal di resi biar aman :)

      Hapus
  11. maaf pak kalo ngambil BPKB baru nya itu di Polres Bandung atau Dikantor Samsat Soreang nya Pak? Nuhun

    BalasHapus
  12. Kang ngambil bpkb brp menit kira2 proses nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebentar kang, ga nyampe 30 menit, tp tergantung antrian juga

      Hapus
  13. Kang kalau yang ngambilnya suami/istrinya perlu pake surat kuasa apa gak??

    BalasHapus

Terima kasih telah menanggapi tulisan ini.
Semoga tanggapanmu dapat menjadi perantara untuk menjalin tali silaturahmi.
InsyaAllah saya akan balik berkunjung ke blog kamu (jika ada).