Prosedur Pembayaran Pajak STNK 1 Tahun di Samsat Outlet

Assalamu'alaikum para pengunjung dan pembaca blog Jurnal Rozak.

Postingan ini akan membahas tentang bagaimana prosedur pembayaran pajak STNK 1 tahun di Samsat Outlet. Topik serupa sebenarnya sudah pernah saya buat di postingan berjudul Perpanjang STNK Tahunan di Samsat Outlet Ladies. Namun tak salah juga bila saya kembali membahasnya dengan pengalaman yang lebih baru.

Pagi itu saya kembali menyambangi Samsat Outlet untuk membayar pajak motor butut saya. Meski sebenarnya jatuh tempo masa berlaku STNK saya habis dua minggu ke depan, saya pikir lebih baik bayar di awal bulan saja lah. Mumpung sedang ada uang, juga kebetulan ada jadwal lewat ke depan kantor Samsat.

Singkat cerita saya tiba di Samsat pukul 9 pagi. Awalnya saya ragu karena dari kejauhan pun sudah terlihat antrean cukup sesak. Tapi kepalang tanggung dan sepengalaman saya proses pembayaran pajak di Samsat Outlet khususnya di Samsat Outlet Bandung Timur cukup cepat.

Samsat Outlet ini berlokasi di Komplek Pertokoan Tritan Point, Jl. Raya Cipadung No.35-39, Cibiru, Kota Bandung. Buka hari Senin s/d Jum’at pukul 08.00 – 14.00 WIB, dan hari Sabtu pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Kali ini saya tak perlu kebingungan dan tanya-tanya lagi. Setelah parkir motor, langsung saja hampiri Ibu Security yang berjaga di meja yang ada di teras kantor Samsat untuk menyerahkan berkas yang diperlukan.

Prosedur Pembayaran Pajak STNK 1 Tahun di Samsat Outlet
Pendaftaran untuk membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Outlet - Dok. JR

Berkas tersebut antara lain STNK dan lembar SKPD (2 lembaran yang ada di dalam plastik) yang akan diperpanjang, dan KTP Asli sesuai identitas di STNK.

Setelah menyerahkan berkas, jangan lupa menulis nama kita di buku tamu sebagai pengganti nomor antrean.

Perlu diketahui, samsat yang saya datangi ini adalah Samsat Outlet Ladies, jadi semua pegawainya adalah wanita. Juga Samsat Outlet ini hanya melayani pembayaran pajak 1 tahun. Untuk pajak 5 tahunan harus ke Samsat Induk.

Jika sudah menulis nama kita di buku tamu, menepilah dari sana tapi jangan jauh-jauh, karena nanti nama kita akan dipanggil. Khawatir tidak terdengar dan akhirnya kelewat deh.

Kalau nama kita dipanggil, segeralah masuk ke dalam ruangan kantor Samsat, dan duduklah di kursi yang kosong. Sebelumnya, di pintu masuk kita akan diperiksa suhu tubuh dan tangan kita disemprot hand sanitizer.

Prosedur Pembayaran Pajak STNK 1 Tahun di Samsat Outlet,
Loket pembayaran pajak dan loket pengambilan berkas yang sudah divalidasi - Dok. JR

Di dalam ruangan kita akan menunggu panggilan lagi dari loket pembayaran untuk proses pembayaran pajak. Bila nama kita dipanggil, segera hampiri loket pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran, kita akan disuruh duduk kembali untuk menunggu panggilan dari loket pengesahan pajak. Di loket inilah nantinya kita akan menerima STNK baru dan SKPD yang telah divalidasi atau dicap.

Jika nama kita dipanggil langsung hampiri loket pengambilan, pastikan semua berkas yang diterima lengkap, yakni lembar STNK baru, SKPD yang telah dicap, dan KTP asli atas nama kita.

Pastikan juga data-data di STNK sudah benar. Sampai sini proses pembayaran pajak STNK 1 tahunan pun selesai.

Durasi dari pendaftaran sampai selesai saya perkirakan sekira 20 menit, jika sedang sepi biasanya bisa lebih cepat lagi.Oh iya, karena masih dalam situasi pandemi, kita diwajibkan memakai masker ya.

Itulah prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Samsat Outlet Ladies Bandung Timur. Untuk prosedur di Samsat Outlet lain saya kira tak begitu berbeda atau bahkan mungkin sama.

Semoga postingan ini bermanfaat. Wassalamu'alaikum :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.