12/28/2014

Ragam Bentuk Media Cetak

Secara sederhana baik di Indonesia maupun di dunia, media cetak terbagi menjadi tiga bentuk yakni surat kabar (koran), majalah, dan tabloid. Faktor yang membedakan masing-masing dari ketiga bentuk tersebut adalah ukuran kertas, jumlah kolom, jenis berita yang dipublikasikan, dan periode penerbitannya.

Ragam Bentuk Media Cetak, Reka Bentuk Surat Kabar, Jurnal Rozak

Surat Kabar (Koran)


Surat kabar merupakan media cetak yang terbit setiap hari, karenanya berita yang disajikan dalam surat kabar cenderung berita langsung atau straight news. Ukuran surat kabar umumnya terbagi menjadi dua, yakni broadsheet dengan kolom berjumlah 8 sampai 9 kolom, dan jumbo dengan kolom berjumlah 6 sampai 8 kolom.

Baca: Kolomisasi Media Cetak

Awalnya, ukuran surat kabar di dunia adalah jenis broadsheet. Namun saat ini tren ukuran surat kabar di dunia adalah ukuran jumbo yang berukuran lebih ramping. Di Indonesia, perubahan ukuran surat kabar terjadi pasca krisis moneter tahun 1999. Krisis moneter tersebut berimbas pada segala bidang usaha, termasuk bisnis media.

Ragam Bentuk Media Cetak, surat kabar, kompas, pikiran rakyat, tribun, bandung ekspres, inilah koran, republika, jakarta post, reka bentuk surat kabar, jurnal rozak

Ukuran jumbo yang lebih kecil dari ukuran broadsheet dianggap dapat menekan biaya operasional dan ongkos cetak bisnis media.

Majalah


Majalah merupakan media cetak yang umumnya terbit mingguan, dwimingguan, atau pun bulanan. Karena masa periodisitas terbitnya itulah maka berita yang dimuat dalam majalah bersifat lebih mendalam dibandingkan dengan berita dalam surat kabar (straight news). Jika memuat straight news maka dipastikan beritanya akan basi.

Ragam Bentuk Media Cetak, majalah, reka bentuk surat kabar, jurnal rozak

Ukuran majalah terbagi menjadi dua jenis yakni majalah ukuran folio dan majalah ukuran setengah folio. Jumlah kolom dalam majalah berukuran folio rata-rata 3 sampai 4 kolom. Sedangkan jumlah kolom dalam majalah berukuran setengah folio berkisar 2 sampai 3 kolom.

Kelebihan majalah dari media cetak lainnya adalah ukurannya yang lebih kecil, sehingga memudahkan pembaca untuk menentengnya kemana pun ia pergi.

Tabloid


Periode penerbitan tabloid umumnya sama dengan majalah, yakni mingguan, dwimingguan, atau pun bulanan. Berita yang dimuat dalam tabloid cenderung bersifat tematik, mengangkat isu yang aktual dan disajikan secara komprehensif serta mendalam.

Ragam Bentuk Media Cetak, tabloid, reka bentuk surat kabar, jurnal rozak

Tabloid memiliki ukuran kertas tersendiri yang terdiri dari 4 hingga 6 kolom. Jumlah kolom yang dimiliki tabloid sedikit lebih banyak dari kolom dalam majalah.

— Rujukan —

Darsono, Dono., Enjang Muhaemin. 2013. Reka Bentuk Media Cetak. Bandung: Mimbar Pustaka.

0 komentar:

Post a Comment