1/17/2015

Perkara Blogger Pertama di Dunia

Perkara Blogger Pertama di Dunia
Hampir di setiap negara terdapat ribuan blogger yang hingga saat ini terus berkembang. Di balik ribuan bahkan jutaan blogger di dunia ini, sebenarnya siapa blogger pertama di dunia?

Menurut beberapa referensi yang saya baca, disebutkan bahwa John Barger, seorang warga Amerika Serikat sebagai blogger pertama di dunia.

Barger dengan blognya yang bernama Robot Wisdom tercatat sebagai blogger pertama di dunia yakni pada 17 Desember 1997.

Barger pula yang menciptakan istilah weblog untuk mendefinisikan apa yang sekarang disebut blogging. Istilah pendeknya blog diciptakan oleh Peter Merholz pada 1999. Peter memecah kata weblog menjadi we blog di sidebar blognya, peterme.com. Selanjutnya, Evan Williams pada Pyra Labs menggunakan istilah blog sebagai kata benda maupun kata kerja yang mengarah pada aktivitas blogging.

Namun, agaknya gelar John Barger sebagai blogger pertama di dunia akan terhapus setelah ditemukannya fakta baru, bahwa orang yang pertama kali melakukan aktivitas blogging di dunia adalah seorang Mahasiswa yang kemudian menjadi wartawan Amerika Serikat bernama Justin Hall.

Hall membuat website pribadinya Justin's Home Page pada tahun 1994 (tiga tahun sebelum John Barger). Pada Desember 2004, New York Times Magazine menyematkan julukan pada Justin Hall sebagai the founding father of personal blogging atau pendiri blog pribadi.

Rasanya tidak adil jika secara serta merta kita menghapus gelar blogger pertama milik John Barger dan mengalihkannya pada Justin Hall. Baiknya kita mengakui bahwa Justin Hall sebagai blogger pertama di dunia, dan John Barger sebagai orang yang pertama kali mengeluarkan istilah weblog, cikal bakal istilah blog.

Terlepas dari siapa yang pertama kali blogging di dunia ini, sekarang aktivitas blogging semakin menjamur, blog-blog baru terus bermunculan. Bahkan mungkin saja di masa mendatang, blog akan mengalahkan popularitas jejaring sosial macam facebook dan twitter.

Referensi:
- Asep Syamsul M. Romli. 2014. Panduan Praktis Membuat Blog. Papyrus Editor, Online Publishing.
- Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

2 comments: