Definisi Bahasa Jurnalistik

Definisi Bahasa Jurnalistik, Jurnal Rozak
Pada hakikatnya tugas wartawan adalah menginformasikan kembali peristiwa yang dilihat, didengar, dan diketahuinya kepada khalayak.

Wartawan media cetak menginformasikan berita melalui tulisan, wartawan media elektronik-auditif (radio) menginformasikan berita melalui lisan, dan wartawan media televisi menginformasikan berita melalui gambar dan suara.

Akan tetapi, bukan berarti wartawan boleh sesuka hati memberi informasi yang ia tahu. Ada aturannya, salah satunya yakni bahasa. Bahasa yang digunakan wartawan dalam melaporkan berita lazim disebut bahasa jurnalistik.

Bahasa jurnalistik adalah salah satu ragam Bahasa Indonesia. Bahasa jurnalistik pun harus didasarkan pada kaidah-kaidah tata bahasa, ejaan dan tanda baca yang benar. Hanya saja, bahasa jurnalistik memiliki sifat-sifat tertentu yang terkait dengan sifat-sifat media massa cetak maupun elektronik.

Bahasa jurnalistik dapat didefinisikan pula sebagai bahasa yang digunakan oleh para wartawan, redaktur, atau pengelola media massa dalam menyusun dan menyajikan, memuat, menyiarkan, dan menayangkan berita serta laporan peristiwa atau pernyataan yang benar, aktual, penting dan atau menarik dengan tujuan agar mudah dipahami isinya dan cepat ditangkap maknanya. (Sumadiria, 2006:7)

Seorang pakar linguistik, Dr. Yus Badudu, mengemukakan bahwa bahasa jurnalistik harus singkat, padat, sederhana, jelas, lugas, tapi selalu menarik. Sifat-sifat itu harus dipenuhi mengingat surat kabar (termasuk radio dan TV) dibaca dan didengar oleh berbagai lapisan masyarakat yang tidak sama tingkat pengetahuannya.

Mengingat juga bahwa orang tidak harus menghabiskan waktunya hanya untuk membaca surat kabar. Dengan bahasa yang lugas dan jelas, orang tidak perlu mengulang apa yang dibacanya karena ketidakjelasan bahasa yang digunakan dalam surat kabar itu.

Bahasa merupakan senjata paling ampuh untuk menunjukkan kualitas produk sebuah media. Di tangan wartawan yang peduli dan mahir berbahasalah, sebuah peristiwa dapat disulap menjadi berita yang nyaman dibaca, enak didengar, enak ditonton, dan mudah dimengerti.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Promo Bonus Ajak Teman bersama OVO

    Kabar baik bagi kalian member setia Anapoker karena pada bulan Maret 2019 ini kami akan memberikan bonus 10% bagi kalian yang mengajak teman kalian untuk bermain menggunakan layanan aplikasi OVO.

    Syarat dan Ketentuan :
    1. Wajib memiliki user id di Anapoker
    2. Promo ini berlaku mulai tanggal 1 maret - 30 maret 2019
    3. Ajak teman kalian untuk bermain di Anapoker dan kalian bisa mendapatkan 10% dari jumlah deposit teman kalian
    3. Promo ini hanya bisa di klaim sebanyak 1 kali dalam 1 hari
    4. minimal melakukan deposit sebesar 50rb dapat 10% dan kalian harus melewati 1 kali turn over saja untuk dapat melakukan withdraw.
    contoh : deposit teman yang diajak 300rb maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman anda yaitu sebesar 30rb. untuk bisa melakukan wd kalian harus melewati to sebanyak 1 kali yaitu 30rb.
    5. Apabila teman yang diajak melakukan deposit 50rb, maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman yaitu 5rb dan kalian harus bermain sampai 25rb karena untuk minimal melakukan withdraw sebesar 25rb.
    6. Jika tidak mencapai syarat turn over dan ingin melakukan wd maka bonus akan ditarik kembali
    7. Tidak berlaku kesamaan IP Adress,no rek, dan nama yang sama.
    8. Apabila Ada Indikasi Kecurangan Anapoker Berhak membatalkan Bonus Secara Sepihak

    Kunjungi kami di https://www.linktr.ee/anapoker_ofc

    Tunggu apalagi segera ajak teman kalian bermain sekarang juga bersama OVO dan klaim bonusnya bersama Anapoker !!

    BalasHapus
  2. Mari bergabung bersama kami, agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus 10% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami...
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus

Terima kasih telah menanggapi tulisan ini.
Semoga tanggapanmu dapat menjadi perantara untuk menjalin tali silaturahmi.
InsyaAllah saya akan balik berkunjung ke blog kamu (jika ada).