Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkara Blogger Pertama di Dunia

Berapa jumlah blogger yang berada di muka bumi? Ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan, yang pasti jumlahnya banyak, terus berkembang dan tersebar di hampir setiap negara. Di balik banyaknya jumlah blogger di dunia ini, sebenarnya siapa sih blogger pertama di dunia?

Blogger pertama yang saya maksud tidak berhubungan dengan platform blog yang kini banyak bermunculan, melainkan orang yang paling awal melakukan aktivitas menyerupai ngeblog.

Perkara Blogger Pertama di Dunia, the first blogger in the world, john barger, justin hall, blogger pertama, robot wisdom

Menurut beberapa referensi yang saya baca, disebutkan bahwa John Barger, seorang warga Yellow Spring, Ohio, Amerika Serikat sebagai blogger pertama di dunia. Barger dengan blognya yang bernama Robot Wisdom tercatat sebagai blogger pertama di dunia yakni pada 17 Desember 1997.

Barger pula yang menciptakan istilah weblog untuk mendefinisikan apa yang sekarang disebut blogging. Istilah pendeknya blog diciptakan oleh Peter Merholz pada 1999. Peter memecah kata weblog menjadi we blog di sidebar blognya, peterme.com. Selanjutnya, Evan Williams pada Pyra Labs menggunakan istilah blog sebagai kata benda maupun kata kerja yang mengarah pada aktivitas blogging.

Namun, agaknya gelar John Barger sebagai blogger pertama di dunia akan terhapus setelah ditemukannya fakta baru, bahwa orang yang pertama kali melakukan aktivitas blogging di dunia adalah seorang Mahasiswa yang kemudian menjadi wartawan Amerika Serikat bernama Justin Hall.

Hall membuat website pribadinya Justin's Home Page pada tahun 1994 (tiga tahun sebelum John Barger). Pada Desember 2004, New York Times Magazine menyematkan julukan pada Justin Hall sebagai the founding father of personal blogging atau pendiri blog pribadi.

Namun, rasanya tidak adil jika secara serta merta kita menghapus gelar blogger pertama milik John Barger dan mengalihkannya pada Justin Hall. Baiknya kita mengakui bahwa Justin Hall sebagai blogger pertama di dunia, dan John Barger sebagai orang yang pertama kali mengeluarkan istilah weblog, cikal bakal istilah blog.

Terlepas dari siapa yang pertama kali blogging di dunia ini, sekarang aktivitas blogging semakin menjamur, blog-blog baru terus bermunculan. Bahkan mungkin saja di masa mendatang, blog akan mengalahkan popularitas jejaring sosial macam facebook dan twitter.

- Referensi -

- Asep Syamsul M. Romli. 2014. Panduan Praktis Membuat Blog. Papyrus Editor, Online Publishing.
- Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

5 komentar untuk "Perkara Blogger Pertama di Dunia"

  1. Balasan
    1. iya saya juga kaget pas pertama liat foto john barger . . hehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. Nama blognya Robot Wisdom, tapi sepertinya alamat blognya sudah tidak eksis lagi

      Hapus
  3. Bawa iklan ini ke website bolavita, dapatkan promo hingga 15% setiap harinya untuk semua games sportsbook dan sabung ayam.. terima kasih. contact us : WA : +62812-2222-995 thanks..

    BalasHapus