5/20/2015

Terpaan Media dalam Komunikasi Massa (Media Exposure)

Siapapun orangnya tentu pernah mendengarkan siaran radio, menonton televisi, atau membaca surat kabar, entah itu sengaja atau sebatas kebetulan saja.

Ketika seseorang mendengarkan siaran radio, menonton televisi, atau membaca surat kabar, sebenarnya ia sedang berhadapan dengan atau terterpa media massa, di mana pesan media itu secara langsung atau tidak langsung tengah memengaruhinya.

Gambaran ini mencerminkan bahwa komunikasi massa dengan segala macam bentuknya senantiasa menerpa manusia, dan manusia senantiasa menerpakan dirinya kepada media massa.

Terpaan media dalam komunikasi massa tidak hanya menyangkut apakah seseorang telah merasakan kehadiran media massa, tetapi juga apakah seseorang benar-benar terbuka terhadap pesan yang disampaikan oleh media tersebut.

Terpaan dapat diartikan sebagai kegiatan mendengar, melihat, dan membaca pesan-pesan media atau pun mempunyai pengalaman dan perhatian terhadap pesan tersebut yang dapat terjadi pada individu atau kelompok. Terpaan media berusaha mencari data khalayak tentang penggunaan media baik jenis media, frekuensi penggunaan maupun durasi penggunaan (longevity).

Terpaan Media dalam Komunikasi Massa, media exposure

Frekuensi penggunaan media mengumpulkan data khalayak tentang berapa kali sehari seseorang menggunakan media dalam satu minggu (untuk meneliti program harian); berapa kali seminggu seseorang menggunakan dalam satu bulan (untuk program mingguan dan tengah bulanan); serta berapa kali sebulan seseorang menggunakan media dalam satu tahun (untuk program bulanan).

Dari ketiga pola tersebut yang sering dilakukan adalah pengukuran program harian (berapa kali dalam seminggu). Sedangkan pengukuran variabel durasi penggunaan media menghitung berapa lama khalayak bergabung dengan suatu media (berapa jam sehari); atau  berapa lama (menit) khalayak mengikuti suatu program (audience’s share on program) (Ardianto, 2014: 168).

Referensi: Ardianto, Elvinaro., Lukiati Komala., Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

    3 komentar

    ah, terpaan media di media apapun sama saja.
    memusingkan...

    Terpaan yang dimaksud adalah kegiatan mendengar, melihat, dan membaca pesan-pesan media. Apanya yang dipusingkan gan? hehe

    kalau pengukuran media exposure melalui pengungkapan csr di annual report itu pengukurannya bgamana ya???

    Terima kasih telah menanggapi tulisan ini.
    Semoga tanggapanmu dapat menjadi perantara untuk menjalin tali silaturahmi.