3/25/2016

Lafadz Azan dan Terjemahnya

Hari Jumat ini saya seakan mendapat ilham dari Allah SWT untuk membuat sebuah postingan bergenre religi. Ilham itu memang tak datang serta merta, melainkan melalui khutbah Jumat tadi siang. Materi khutbahnya tentang kematian, serem pokoknya.

Sebenarnya kematian bukanlah hal yang asing, karena setiap makhluk bernyawa pasti akan mengalami yang namanya mati. Kematian bisa datang kapan saja, dimana saja, melalui kejadian apa saja. Dan kenapa terdengar seram? Karena saya belum memiliki cukup perbekalan untuk menghadapi kematian.

Baiklah. Postingan ini sejatinya tidak akan membahas perkara kematian. Melainkan soal Azan. Hmmm... Pembukaannya ga nyambung ya? Nguehehe :D

Bagi kita yang tinggal di negara yang mayoritas penduduknya muslim tentu sangat familiar dengan kumandang Azan.

Menurut KBBI, Azan merupakan seruan untuk mengajak orang melakukan salat. Namun, Azan tak hanya dikumandangkan sebagai pertanda masuknya waktu salat fardhu. Azan juga dikumandangkan saat kelahiran bayi, begitu pula ketika menguburkan jenazah.

Selain itu, Azan juga dikumandangkan saat lomba Azan. Dan sayangnya mayoritas peserta lomba Azan yang pernah saya temui hanya mementingkan lagamnya saja, sedangkan makhorijul huruf dan tajwidnya walaaah ngaler ngidul. Fenomena ini saya alami Ramadhan tahun lalu ketika dipercaya oleh DKM jadi juri lomba Azan di kampung.

Begini-begini juga dulunya (duluuu banget) saya pernah beberapa kali juara lomba Azan di kampung, bahkan pernah jadi utusan untuk lomba Azan di kelurahan. Meskipun hasilnya you know lah :(

Jadi intinya Azan itu penting, terutama bagi kaum Adam. Dan Azan pun jangan sekadar Azan, jangan hanya mementingkan lagam, karena Azan bukan nyanyi, kita juga harus paham dan mempraktekkan ilmunya. Maka dari itu saya menjadi tergerak untuk menyebarkan lafadz Azan sebagai panduan bagi siapa saja yang ingin mengetahuinya.

Sepertinya saya sudah ngoceh terlalu banyak. Langsung saja deh simak lafadz Azan beserta terjemahnya berikut ini:

2x   اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
Allah Maha Besar

2x   اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
Allah Maha Besar

2x   أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ
Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah

2x   اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
Aku bersaksi Muhammad utusan Allah

2x   حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
Marilah Salat

2x   حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
Marilah menuju kemenangan

2x اَللهُ اَكْبَر
Allah Maha Besar

لاَ إِلَهَ إِلاَّالله
Tiada Tuhan selain Allah

Note: Lafadz Azan untuk Salat Shubuh sedikit berbeda, ada sisipan setelah Hayya 'Alal Falah (sebelum Allahu Akbar). Lafadz-nya adalah sebagai berikut:

2x   اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ
Salat lebih baik daripada tidur

Demikian lafadz Azan beserta terjemahnya. Tapi awas! Jangan sekali-kali mengumandangkan Azan di Indonesia menggunakan terjemahnya ya. Takutnya gimanaaa gitu :D

Wassalam.

— Source —

Lafadz Azan dikutip dari www.blogkhususdoa.com

2 komentar

Wah makasih nih om sudah diingatkan semoga bisa bermanfaat ya postingannya.

Terima kasih telah menanggapi tulisan ini.
Semoga tanggapanmu dapat menjadi perantara untuk menjalin tali silaturahmi.