Belajar Fotografi Ponsel

Sekira mulai akhir tahun lalu saya cukup gandrung dengan hal ihwal fotografi. Meski sebenarnya fotografi bukan hal baru bagi saya, karena semasa ngampus pernah mempelajari mata kuliah fotografi, baik fotografi umum maupun foto jurnalistik.

Namun, agaknya dulu saya tak begitu meminati dunia fotografi, bisa dibilang saya lebih ke videografi. Selain karena kurang minat juga karena faktor tidak punya kamera. Bahkan kamera ponsel pun tidak punya sebab kala itu saya masih setia dengan hengpong jadul :D

Setelah lulus kuliah, saya disibukan dengan pekerjaan yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan fotografi, maka semakin jauhlah saya dari dunia fotografi. Namun, entah kesurupan apa saya mendadak suka popotoan (bukan swa foto) dan berhasrat mempelajari kembali fotografi.

Dimulai dengan niat dan keterbatasan alat (budget tepatnya), saya gunakan kamera ponsel, toh untuk sekadar hobi atau untuk diunggah via internet kualitas gambarnya tak begitu mengecewakan. Karena pernah ada yang bilang (entah siapa) bahwa selain kamera, fotograferlah yang berperan terhadap kualitas sebuah gambar.

Sejauh ini saya tidak pernah sengaja mencari-cari objek foto atau menyetting suatu keadaan agar layak untuk difoto, melainkan ketika di sekitar saya ada objek yang menarik, maka akan saya abadikan. Sehingga foto-foto hasil jepretan saya didominasi foto candid, dengan objek suasana jalanan, tumbuhan, pedagang, dan sebagainya. Hasil jepretan saya bisa dilihat di akun Instagram @aiderazak.

Belajar Fotografi Ponsel, angle, panjalu, momen, situ lengkong, penangkap ikan
Seorang penangkap ikan di Situ Lengkong, Panjalu. Salah satu foto hasil jepretan saya menggunakan ponsel Nokia - Dok. Pribadi

Terkait memotret menggunakan ponsel, saya coba Googling apakah ada istilah fotografi ponsel, dengan harapan saya menemukan pembahasan seperti halnya mengenai jurnalistik media cetak, jurnalistik radio, jurnalistik televisi, jurnalistik online, dan jurnalistik foto. Hasilnya? tidak ada :D

Belum saya temukan definisi shahih mengenai fotografi ponsel dari pakar atau ahli fotografi. Sederhananya menurut saya, fotografi ponsel adalah proses fotografi dengan menggunakan kamera ponsel. Boleh setuju atau tidak ya :D

Tapi setidaknya saya menemukan beberapa blog yang membahas fotografi bermediakan ponsel, yang tentunya bagai oase di tengah gurun (lebay gak sih?). Berikut saya kutip poin-poin penting dari blog yang saya temui:

1. Pencahayaan

Untuk mendapatkan hasil gambar yang cerah dan jelas, usahakan posisi objek foto tidak melawan arah cahaya. Kecuali jika kamu ingin mendapatkan hasil gambar berupa siluet.

2. Fokus dan Kestabilan

Fokus kamera tentu akan memengaruhi kualitas gambar. Jika terjadi blur, ketuk layar ponsel (jika menggunakan HP android) agar kamera benar-benar fokus. Fokus dipengaruhi pula oleh kestabilan tangan saat memegang ponsel, usahakan jangan goyang ketika pengambilan gambar. 

3. Hindari Zoom Digital

Zoom digital akan memengaruhi kualitas gambar, karenanya jika ingin mendapatkan objek foto secara detil usahakan memotret dari jarak dekat.

4. Momen dan Sudut Pandang

Sebuah foto yang bagus haruslah memiliki makna di dalamnya, momen adalah unsur penting yang membuat sebuah foto jadi bermakna, tanpa momen yang tepat sebuah foto akan terasa biasa saja. Maka pengambilan gambar harus dilakukan pada waktu yang tepat, lebih dari itu momen yang tepat akan membuat gambar terasa hidup. Selain momen, sudut pandang atau angle juga memengaruhi makna dari sebuah foto. Sudut pengambilan gambar seringkali diindahkan, padahal jika diambil dari sudut yang tepat foto akan terlihat lebih "mahal".

5. Editing Sederhana

Jika diperlukan, edit hasil foto sesederhana mungkin. Editing bisa berupa cropping jika dirasa komposisi foto kurang seimbang. Atau dengan menambahkan filter agar foto terlihat lebih cerah, redup, atau hitam-putih.

Setidaknya itulah poin-poin yang menurut saya perlu diperhatikan perihal memotret menggunakan ponsel. Selain juga kita harus memerhatikan aspek teknis seperti memastikan lensa kamera bersih dari debu atau uap, mengingat ponsel sering keluar masuk saku. Serta gunakan resolusi tinggi dan kenali aplikasi kamera ponsel yang kamu gunakan, biasanya kalau ponsel bagus memiliki mode-mode pengambilan gambar khusus, mode panorama misalnya.

Selebihnya kamu bisa pelajari komposisi, angle, momen, dan hal ihwal fotografi lainnya secara lebih komprehensif melalui buku, artikel atau diskusi di forum-forum daring. Terpenting adalah perbanyak praktek :)

Semoga saja dengan mulai mempelajari (lagi) fotografi, Tuhan mengijinkan saya untuk memiliki kamera foto beneran. Dan apakah ini adalah sebuah pertanda sekaligus jalan pembuka bagi saya untuk berkarir di dunia yang saya pelajari selama empat tahun? Kita lihat ke depannya :D

Jika ada yang salah dalam postingan ini atau ingin menambahkan, sila sampaikan di kolom komentar ya. Wassalam.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Layanan Web Hosting Murah Super Cepat Berkualitas dan Fitur Terlengkap

    Harganya murah mulai dari Rp. 180.000,- saja Anda sudah bisa mendapatkan paket hostingnya selama satu tahun dengan spesifikasi sebagai berikut:

    512 MB of SSD Storage
    Unlimited Bandwidth
    1 GB Memory
    2 Mbps I/O

    Bagi yang menginginkannya silahkan Klik Di Sini

    BalasHapus

Terima kasih telah menanggapi tulisan ini.
Semoga tanggapanmu dapat menjadi perantara untuk menjalin tali silaturahmi.
InsyaAllah saya akan balik berkunjung ke blog kamu (jika ada).