5/24/2015

Cara Mengembalikan Nomor Anggota PNRI yang Lupa

Beberapa bulan yang lalu saya daftar keanggotaan Perpustaaan Nasional RI (PNRI) secara online, tujuannya ya untuk mendapatkan akses membaca di e-resources PNRI. Setelah mengikuti prosedur pendaftaran, saya mendapat nomor anggota berupa kombinasi angka yang lumayan sulit diingat. Karena takut lupa saya simpan nomor anggota di notepad.

Berminggu telah berlalu, saya bermaksud mengakses e-resources PNRI. Nomor anggota yang telah tersimpan di notepad pun saya cari. Celakanya saya lupa nyimpan filenya dimana, namanya apa, bersama siapa, Yolanda. Haduh jangan-jangan kehapus.

Saya pun mencoba daftar lagi tapi ternyata tidak bisa, karena data yang dimasukkan dalam form dianggap tidak valid (tidak boleh ada data yang sama). Impian saya mengakses perpustakaan nasional pun gagal total. Untuk sementara, saya mengakses PNRI menggunakan akun punya adik.

Cara Mengembalikan Nomor Anggota PNRI yang Lupa


Dengan penuh do'a, pada 16 Mei 2015 saya menghubungi pihak PNRI melalui email (layanan_eresources@perpusnas.go.id) dengan harapan mendapat tanggapan, dan pihak PNRI bersedia memberitahu nomor anggota saya. Isi email saya singkat-singkat saja, kira-kira begini:

YTh. Pihak Perpustakaan Nasional
Saya telah mendaftar anggota PNRI, namun ketika akan mengakses saya lupa nomor anggota. Bisakah saya mendapat nomor anggota yang baru?
Terima kasih.

Hari demi hari berlalu tanpa ada balasan email. Hingga pada 22 Mei 2015 pukul 04.50 sore, email yang ditunggu-tunggu pun datang, isinya seperti berikut:

Yth, pak ASEP ABDUL ROZAK
Nomor anggota anda : **********
Selamat memanfaatkan koleksi e-Resources Perpusnas.
Terima kasih.
Layanan Anggota Perpusnas

Cara Mengembalikan Nomor Anggota PNRI yang Lupa
Email balasan dari pihak Perpustakaan Nasional RI - Dok. Pribadi

Akhirnya nomor anggota PNRI milik saya kembali lagi. Gerbang untuk mengakses perpustakaan nasional pun kembali terbuka. Terima kasih PNRI, terima kasih Tong Fang.

Jadi bagi kamu yang sudah mendaftar keanggotaan PNRI tapi lupa nomor anggota. Cara yang saya lakukan dapat menjadi solusi. Tinggal mengirimkan email permohonan ke layanan_eresources@perpusnas.go.id, untuk mendapat nomor anggota yang kamu lupakan. Selanjutnya pihak PNRI akan membalasnya beberapa hari kemudian dengan menyertakan nomor anggota kamu. Semoga tulisan ini bermanfaat. Wassalam.

12 comments:

  1. OWalah, sepertinya tips yg simple, ya. Semoga membantu yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simple, simple banget malah hehe... Semoga demikian.

      Delete
  2. Kalau sudah lupa dua kali kira-kira masih mau dibalas tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya dicoba dulu... Siapa tau pihak PNRI berbaik hati :)

      Delete
  3. Postingan yang simple tapi sangat membantu. Makasih ya kak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau membantu... Iya sama-sama...

      Delete
  4. Tapi kalau lupa passwordnya juga gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu masuk ke link berikut:

      http://keanggotaan.pnri.go.id/LupaPassword.aspx

      di sana kamu akan diarahkan untuk membuat password baru, dengan syarat masih ingat nomor anggota dan email akun PNRI kamu.

      Tapi kalau lupa nomor anggota dan passwordnya sekaligus repot juga sih... hehe

      Semoga berhasil :)

      Delete
  5. kira-kira berapa hari kita dikirimkan nomor PNRInya yah? terimakasih

    ReplyDelete