10/24/2017

Pesepakbola Indonesia di Brunei Darussalam

Kabar luar biasa namun bukan hal asing bagi kita mendengar ada pesepakbola Indonesia bermain di klub luar negeri. Sebab meskipun ada, tapi tak banyak pesepakbola Indonesia yang dapat mencicipi pengalaman tersebut.

Beberapa di antara sekian pesepakbola itu adalah Kurniawan Dwi Yulianto yang pernah berseragam FC Luzern (Swiss), dan Sarawak FA (Malaysia), Ricky Yacobi yang pernah memperkuat Matsushita FC (kini bernama Gamba Osaka), Rochy Putiray yang malang melintang di liga Hongkong, Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy di Selangor FA (Malaysia), serta pemain lainnya yang belum saya sebutkan atau bahkan belum saya ketahui.

Ada juga yang belum terlalu lama, kita sudah tau bahwa Andik Vermansyah main di negara tetangga, Victor Igbonefo juga main di luar. begitu pun bakat-bakat muda kita banyak yang menimba ilmu di luar negeri. Kabar terbaru bintang-bintang muda macam Evan Dimas, Febri Hariyadi, dan Egi Maulana Vikri dilirik sejumlah klub luar negeri. 

Dalam benak kita, pemain Indonesia yang bermain di luar negeri merupakan pemain top berlabel timnas, atau paling tidak sosoknya tenar di kalangan pecinta sepakbola nasional. Namun pernahkan terpikir oleh kamu bahwa pemain non-tenar Indonesia ternyata ada juga yang main di klub luar negeri, ya meski klub dan negara tersebut tak begitu memiliki nama dalam percaturan sepakbola kawasan.

Satu dari sekian pesepakbola Indonesia yang bermain di luar negeri itu bernama Agus Haryono. Familiarkah dengan nama tersebut? Tentu ini bukan Haryono pemain Persib Bandung, meski keduanya sama-sama bermain di posisi midfielder.

Agus Haryono, Pesepakbola Indonesia di Brunei Darussalam, Wijaya FC
Pemain Wijaya FC Agus Haryono (Jersey Biru) kecewa setelah gagal menuntaskan peluang gol saat melawan Jerudong FC di Berakas Sports Complex - Dok. nfabd.org

Sedikit bahkan hampir tidak ada media nasional yang memberitakan pemain kelahiran 10 Agustus 1989 ini. Saya mengetahui nama Agus Haryono pun ketika menjelajahi laman wikipedia saat mencari informasi mengenai sepakbola lokal Brunei Darussalam. Di salah satu laman yang memuat informasi klub bernama Wijaya FC, terselip nama khas Indonesia tersebut dengan bendera Indonesia di sampingnya yang menandakan negara asalnya.

Saya pun tak menyangka, ternyata ada juga pesepakbola Indonesia yang bermain di klub peserta liga Brunei Darussalam.

Mendapati hal tersebut saya langsung gencar mencari informasi mengenai pemain satu ini. Mulai dari laman NFABD (PSSI-nya Brunei), laman-laman berita lokal, hingga situs-situs data sepakbola mancanegara saya jelajahi. Sayangnya, dari upaya tersebut hanya sedikit informasi yang didapat. Saat tulisan ini diposting, Agus Haryono masih menjadi bagian dari skuad Wijaya FC, dan berdasarkan penelusuran dari berbagai laman berita yang ada di Brunei Darusalam, pemain ini cukup rajin mencetak gol.

Setelah menelusuri lebih lanjut, ternyata bukan hanya Agus Haryono lah pesepakbola Indonesia yang bermain di Brunei Darussalam. Ada nama Sigit Prasetia yang juga berposisi sebagai midfielder.

Dibanding Agus Haryono, data mengenai Sigit Prasetia amatlah sulit ditelusuri. Hanya laman worldfootball.com yang menyajikan sekilas informasi yang menyatakan bahwa Sigit Prasetia lahir pada 18 Juli 1986, dan tercatat pernah satu tim bersama Agus Haryono memperkuat klub yang bermarkas di Stadion Padang dan Balapan, Bandar Seri Begawan tersebut.

Mengenai kiprah dan riwayat sepakbola keduanya, saya kesulitan untuk menemukan data akurat, kedua pemain ini pun tak terdaftar di situs transfermarkt.com. Sehingga saya rasa kiprah keduanya cukup sulit ditelusuri jika hanya mengandalkan internet. Jika ada sidang pembaca yang memiliki koreksi atau informasi tambahan, sila coret di kolom komentar. Wassalam.

0 komentar:

Post a Comment