Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ROL: Media Online Bernuansa Islam

Di era teknologi seperti saat ini, derasnya arus informasi sulit untuk dibendung. Saluran informasi tak lagi hanya berasal dari media massa (cetak atau elektronik), melainkan juga berasal dari media online. Kini hampir setiap media massa memiliki versi online, baik itu dalam bentuk portal berita maupun e-paper. Salah satunya yakni situs Republika Online (ROL) yang merupakan bagian dari Harian Republika.

Berikut ini sekilas profil dari Republika Online:

  • Nama situs : Republika Online (ROL) 
  • Berdiri sejak : 17 Agustus 1995 
  • Rubrikasi : Nasional, Internasional, Khazanah, Gaya Hidup, Sepakbola, Otomotif, Trendtek, Humaira, Senggang, Ekonomi, Olahraga, Konsultasi, Kolom, Pendidikan, Properti, ROL To School, ROL To Campus. 

Republika Online hadir sejak 17 Agustus 1995, atau dua tahun setelah Harian Republika terbit. Seperti media online lainnya, Republika Online menyajikan informasi dalam bentuk teks, audio, dan video, atau gabungan antara ketiganya.

Ciri yang membedakan antara ROL dengan media online lain adalah bahwa ROL memiliki konten bernuansa Islam. Hal ini tidak lepas dari kelahiran Republika yang dibidani cendekiawan muslim yang tergabung dalam ICMI. Oleh sebab itulah Republika sering disebut sebagai media Islam.

Konten ROL yang bermuatan Islam antara lain : Rubrik Khazanah, Jurnal Haji, dan Konsultasi Klinik Syariah Serta Ustadz Siaga.

Dalam mendekatkan diri dengan para pembaca, ROL hadir pula di beberapa media sosial populer seperti twitter dan facebook. Selain itu, ROL mengajak para pembacanya untuk berpartisipasi menginformasikan hal apapun yang dapat dipublikasikan di forum bersama (Publika, Forum, dan Komunitas) dengan menggunakan ID yang harus didaftarkan sebelumnya.

ROL, Media Online Bernuansa Islam, media islam, republika online, khazanah republika, harian republika

TAMPILAN

Dari segi tampilan, Republika Online tampak sederhana sehingga tidak membingungkan pembaca dalam membedakan konten informasi dan iklan. Dapat dikatakan bahwa tampilan ROL user friendly. Adapun tampilan ROL dipandang dari beberapa elemen adalah sebagai berikut :

Kejelasan

ROL memiliki background putih yang berperan untuk memberikan tampilan yang ringan sehingga tidak melelahkan mata.

Ketetapan

Setiap halaman ROL menggunakan tampilan yang hampir sama, yakni memiliki tiga kolom, latar berwarna putih dengan tambahan warna merah dan hitam.

ROL, Media Online Bernuansa Islam, republika, republika online, khazanah republika, harian republika, media islam, perataan, ketetapan, whitespace
Perataan kiri dengan whitespace pada tulisan di laman ROL

Perataan

Tulisan-tulisan dalam ROL menggunakan perataan kiri, sehingga menyisakan ruang baca. Fungsinya agar tulisan terkesan santai, dan mata pembaca pun tidak dibuat lelah.

Optimasi Whitespace

Sesuai aturan Jurnalistik Online, untuk memisahkan tiap paragraf dalam tulisannya, ROL menggunakan whitespace dari pada paragraf menjorok ke dalam.

Selain beberapa elemen di atas, ROL pun memiliki fitur untuk mempermudah pengunjung mencari informasi yang diinginkan seperti berita terkait, slide, dan kotak pencarian. Selain itu, tersedia pula kotak komentar yang bisa menjadi wadah feedback pembaca.

Referensi: www.republika.co.id

Keterangan:
- Tugas Mata Kuliah Jurnalistik Online
- Penulis: Asep Abdul Rozak (Jurnalistik A / Semester 6)

5 komentar untuk "ROL: Media Online Bernuansa Islam"

  1. mantap reviewnya, mang. mantap juga blognya, :)

    BalasHapus
  2. Hehe . . . Terima kasih telah sedia berkunjung :D

    BalasHapus
  3. Mari bergabung bersama kami agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus 10% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami.
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus
  4. Bolavita menyediakan berbagai jenis slot yang bisa kamu mainkan dengan minimal deposit 50rb. Serta terdapat pula transaksi via gopay dan ovo pay yang semakin memudahkan anda dalam melakukan deposit tanpa takut bank offline... Yuk segera bergabung bersama kami...

    BalasHapus
  5. Mari bergabung bersama kami, agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus potongan togel online hingga 66% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami...
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus