Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Jurnalistik Online Paul Bradshaw

Membahas mengenai prinsip dasar jurnalistik online, pendapat Paul Bradshaw dalam “BASIC Principles of Online Journalism" yang menyebutkan bahwa ada lima prinsip dasar jurnalistik online dapat kita jadikan acuan. Kelima prinsip tersebut tergabung dalam kata BASIC, yakni Brevity, Adaptability, Scannability, Interactivity, Community  dan Conversation.

Prinsip Jurnalistik Online Paul Bradshaw
Online Journalism - Dok. Dom Einhorn/Linkedin

1. Keringkasan (Brevity).

Berita online hendaknya bersifat ringkas dan sederhana. Hal ini merupakan penyesuaian dengan tingkat kesibukan manusia di era modern yang ingin serba cepat. Hal ini sejalan dengan istilah ‘KISS’ dalam kaidah bahasa jurnalistik yakni Keep It Short and Simple.

2. Kemampuan beradaptasi (Adaptabilty).

Para jurnalis online dituntut agar mampu menyesuaikan diri di tengah kebutuhan publik. Dengan kemajuan teknologi, jurnalis tidak hanya dituntut pandai menulis berita, melainkan harus dapat menyajikan berita dengan beragam cara, seperti menggabungkan teks, suara, video, gambar, animasi, hyperlink dan lain-lain dalam suatu berita.

3. Dapat dipindai (Scannability).

Untuk memudahkan para audiens, situs-situs yang terkait dengan jurnalistik online hendaknya memiliki sifat dapat dipindai, agar pembaca tidak merasa terpaksa dalam membaca informasi atau berita.

4. Interaktivitas (Interactivity).

Dalam jurnalistik online, komunikasi dari publik kepada jurnalis sangat dimungkinkan dengan adanya akses yang semakin luas. Audiens dibiarkan untuk menjadi pengguna (user). Hal ini sangat penting karena semakin audiens merasa dirinya dilibatkan, maka mereka akan semakin dihargai dan senang membaca berita yang ada.

5. Komunitas dan Percakapan (Community and Conversation).

Media online memiliki peran yang lebih besar dari pada media cetak atau media konvensional lainnya, yakni sebagai penjaring komunitas. Jurnalis online juga harus memberi jawaban atau timbal balik kepada publik sebagai sebuah balasan atas interaksi yang dilakukan publik tadi.

— Rujukan —

- Asep Syamsul M Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

4 komentar untuk "Prinsip Jurnalistik Online Paul Bradshaw"

  1. Thank you for visiting.
    This website using blogspot platform, and according to my experience blogspot is a good platform.

    BalasHapus
  2. Perlihatkan iklan ini untuk claim bonus 5 juta bonus cashback Sabung Ayam anda setiap harinya... info lebih lanjut hub kami di WA : +62812-2222-995, BBM : BOLAVITA / D8C363CA...

    BalasHapus
  3. Mari bergabung bersama kami, agen bolavita, dapatkan penawaran khusus untuk anda yang hari ini bergabung. Dapatkan bonus potongan togel online hingga 66% bila anda memperlihatkan postingan ini kepada kami...
    WA : +62812-2222-995
    hubungi kami segera... Terima kasih

    BalasHapus
  4. Bonus welcome back dari bolavita sebesar 200rb freebets untuk anda yang kembali bermain bersama agen bolavita.. Segera kunjungi website kami! atau hubungi kami di WA : +62812-2222-995 terima kasih

    BalasHapus