Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Dapat Apa dari Ngeblog?

Sudah dapat apa sih dari ngeblog?

Acap kali pertanyaan itu terlontar dari teman bahkan dari diri sendiri. Tentu jawabannya tidak akan segarang, "Jangan tanyakan apa yang Negara berikan padamu, tapi apa yang telah kau berikan pada Negara".

Sejak kelas 3 SMA hingga berusia yang harusnya sudah punya anak, saya belum bosan merawat blog ini. Meski intensitasnya tak sesering dulu, sesekali saya masih posting, entah itu kontennya artikel, cerpen, puisi, lirik lagu, atau apapun lah karena blog ini tak terpaku pada niche tertentu alias gado-gado.

Bahkan meski sudah tak seaktif dulu, saya sampai bela-belain beli domain yang harus dibayar saban tahun demi blog ini.

Sebenarnya apa yang saya kejar? Apa yang diharapkan?

Sudah Dapat Apa Dari Ngeblog?, ngojay, jurnal rozak, asep abdul rozak, aiderazak, blogosphere

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas sangat simple. Secara keseluruhan, dari ngeblog saya tidak memiliki prestasi yang wah, tidak pula mendapatkan profit melimpah.

Cuma pernah menang give away, paid review, dan pemasangan iklan berdurasi, itu pun jumlahnya dapat dihitung jari tangan kanan. Jika dibandingkan dengan blogger lain tentu tidak ada apa-apanya kan? Bahkan blog saya berkali-kali ditolak Google Adsense 😂

Tapi tak apalah, lagipula sejatinya tidak ada yang saya kejar dan harapan lebih dari blog ini. Bisa menuangkan karya, ide, informasi, dan kegabutan melalui blog ini pun sudah Alhamdulillah. Syukur-syukur ada yang baca dan rela berkomentar.

Pun kalau ada keuntungan baik bersifat materi atau non-materi dari ngeblog itu saya anggap bonus. Karena dari awal ngeblog niatnya hanya aktualisasi diri, selain juga dijadikan alat untuk melipat jarak penyambung tali silaturahmi dengan orang-orang yang mungkin berada di sisi lain bumi.

Postingan semacam ini tentu banyak bertebaran di jagad perbloggeran yang jumlah penghuninya mungkin hampir menyamai jumlah penduduk dunia. Tapi postingan ini bukan niru-niru ya, ini murni keisengan saya saja.

Sepertinya cukup sekian. Wassalam.

4 komentar untuk "Sudah Dapat Apa dari Ngeblog?"